Tags

, , , , , , , , , ,

street lawyerJudul: The Street Lawyer (Pengacara Jalanan)

Penulis: John Grisham

Penerjemah: Widya Kirana & Diniarty Pandia

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (cetakan kelima, 2010)

Halaman: 480p

Swap dengan Maya

Michael Brock tampak memiliki kehidupan ideal yang diimpikan semua pengacara berusia 32 tahun: karier yang menanjak di biro hukum raksasa di Washington, DC, istri yang sedang menempuh pendidikan kedokteran, mobil mewah dan apartemen nyaman. Tapi di balik itu semua, hidup Michael ternyata hampa. Hari-harinya dihabiskan untuk berjam-jam pekerjaan membosankan demi mengejar posisi partner, hubungan dengan istrinya memburuk, dan ia tidak tahu lagi apa tujuan hidupnya.

Hingga suatu hari, ia menjadi korban sebuah peristiwa penyanderaan di kantor oleh seorang tunawisma, dan hidupnya berubah. Michael seolah memiliki tujuan baru yang menurut orang-orang di sekelilingnya sinting: menjadi pengacara kaum jalanan, turun ke jalan, membela kepentingan orang lemah. Tekadnya ini makin bulat saat ia mendapati rahasia kelam biro tempatnya bekerja yang ternyata berhubungan erat dengan penyanderaan oleh si tunawisma. Apakah Michael bisa membongkar rahasia tersebut meski berarti hidupnya terpuruk dari singgasana karier cemerlang?

Awalnya buku ini cukup bertele-tele, bahkan adegan penyanderaan pun tidak bisa dibilang menegangkan. Tidak ada kejar-kejaran seru ala Pelican Brief, atau misteri dengan twist ending seperti Runaway Jury. Dan tidak ada adegan pengadilan mengesankan seperti di A Time to Kill. Tidak ada yang terlalu istimewa dalam kisah ini, kecuali kenyataan pahit tentang pilihan hidup seorang pengacara: uang atau hati nurani?

Tapi bukan John Grisham namanya kalau tidak bisa menyentuh hati pembacanya melalui kisah dengan isu kemanusiaan ini. Karakter utama sekaligus narator buku ini, Michael Brock, untungnya cukup mudah untuk disukai, meski perubahannya yang terlalu drastis dalam waktu singkat agak sulit untuk dipercaya. Karakter lain yang menonjol adalah Mordecai Green, pengacara jalanan yang memiliki peran besar dalam hidup baru Michael.

Buku ini lebih banyak bersentuhan dengan isu kemanusiaan dibandingkan hukum, dan meski temanya agak pretensius, bisa diakhiri dengan cukup memuaskan. Endingnya tidak ideal, tapi masuk akal. Bukan yang terbaik dari Grisham, namun salah satu yang paling thought provoking. Terutama untuk kaum pengacara🙂

 

Submitted for:

grisham button

mystery-book-club

For category Favorite Author

For category Favorite Author