Tags

, , , , , , , , , , ,

diary-of-part-time-indianJudul: The Absolutely True Diary of a Part-Time Indian

Penulis: Sherman Alexie

Penerbit: Scholastic, Inc (2007),

Halaman: 230p

Beli di: Idle Books, Washington, DC (USD 4, bargain!)

This book is hilarious.

Junior adalah penghuni Spokane Indian reservation, seorang anak laki-laki remaja yang senang menggambar, cerdas, namun memiliki banyak masalah kesehatan (dari mulai otak yang dipenuhi air sampai mata yang nyaris tidak bisa melihat). Junior hidup di lingkungannya dan menjadi pengamat akan masa depan suram kaum Indian di Amerika, yang miskin, suka mabuk-mabukan dan berkelahi, serta selamanya tinggal di reservasi. Termasuk orang tuanya.

Karena sudah sangat putus asa, Junior mengambil keputusan nekat: ia minta dipindahkan ke sekolah anak-anak kulit putih yang terletak cukup jauh di luar reservasi, dan menjadi satu-satunya murid keturunan Indian di sana.

Beragam kejadian dialaminya, dari mulai penolakan dan bullying dari murid-murid di sekolah barunya, sampai penolakan dan bullying dari seluruh penduduk reservasi Spokane, yang menganggap Junior sebagai pengkhianat, termasuk sahabat karibnya, Rowdy. Namun Junior bertekad akan terus melangkah maju, karena menurutnya, kalau diberi kesempatan, ia akan bisa punya masa depan berbeda dari kaumnya yang lain.

Buku ini terdengar klise, tapi karena penyampaiannya yang kocak, apa adanya, plus ditambah dengan ilustrasi kreatif oleh Ellen Forney, menjadikannya jauh dari membosankan. Meski di beberapa bagian terlalu suram, namun bahasa dan humor yang ringan tetap membuat buku ini mudah untuk dinikmati.

The Absolutely True Diary of Part-Time Indian termasuk salah satu buku yang paling banyak di-ban di Amerika, karena berbagai alasan, seperti: mengandung topik pornografi dan seks yang dianggap tidak pantas untuk target pembacanya (middle grade/young adult), dianggap terlalu ekstrim mengupas tema rasisme dan agama, juga mengandung banyak kata-kata kasar dan vulgar.

Menurut saya, buku ini tetap luar biasa keren dan cocok dibaca oleh target pembacanya, meski memang lebih baik bila didampingi oleh orang dewasa. Bagaimanapun, Junior adalah anak muda yang kadang semangatnya memang terlalu menyala-nyala saat bercerita! 😀

Advertisements