Tags

, , , , , ,

harpot3Judul: Harry Potter and the Prisoner of Azkaban

Penulis: JK Rowling

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2007)

Pages: 544p

Usia kelayakan baca: 11 y.o and up

Harry Potter melewatkan ulang tahunnya dengan menyenangkan karena mendapatkan banyak hadiah dari sahabat-sahabatnya. Namun suatu insiden di Privet Drive yang melibatkan sihir Harry terhadap kakak Paman Vernon, membuatnya harus angkat kaki dari sana. Untunglah ada Bus Ksatria, bus para penyihir yang dapat membawanya ke Diagon Alley. Harry menghabiskan liburan musim panasnya di sana dengan gembira.

Namun Harry juga mendapati berita mengenjutkan, yaitu penyihir hitam pengikut Voldemort, Sirius Black, kabur dari penjara sihir Azkaban untuk mengincarnya. Dan dimulailah petualangan Harry di Hogwarts, lengkap dengan kehadiran dementor (makhluk paling menyeramkan sejauh ini), pelajaran yang semakin sulit, pertandingan quidditch yang super seru, dan kenyataan mengerikan di balik kematian orang tuanya.

Highlights of the book:

1. Profesor Lupin- guru paling favorit sepanjang serial ini. Pelajaran Pertahanan terhadap Ilmu Hitam menjadi sangat menarik, plus adegan dengan boggart-nya sangat memorable!

2. Persahabatan Harry, Ron, dan Hermione yang memasuki level baru, karena untuk pertama kalinya mereka saling tidak berbicara untuk waktu yang cukup lama. Persahabatan lain yang terkuak adalah antara Moony, Wormtail, Padfoot dan Prongs, yang berkaitan erat dengan masa lalu Harry.

3. Quidditch! Untuk pertama kalinya, pertandingan quidditch dibahas secara tuntas dan Harry mengikuti semua pertandingan sampai selesai. Kehadiran beberapa seeker dari asrama lain yang tidak kalah jago (dan nantinya juga akan menjadi tokoh kunci) menambah semarak suasana.

4. Snape! Dibuat sangat sangat menyebalkan disini, sepertinya Rowling memang sengaja ingin menyesatkan pembaca untuk membentuk persepsi yang salah tentang Snape, sehingga kejutan di buku-buku akhir akan terasa semakin tak terduga.

5. Hagrid dan dramanya. As I said before, Hagrid always had dramas on his own. Kali ini, menyangkut Buckbeak si hippogriff yang dijadikannya bahan pelajaran ketika mengajar Pemeliharaan Satwa Gaib. Namun Buckbeak juga akan memegang peranan penting di akhir cerita.

Hello Buckbeak! pic from here.

Hello Buckbeak! pic from here.

Membaca ulang buku ini menyadarkanku kalau ini adalah kick off yang sesungguhnya dari petualangan Harry Potter. Setelah pemanasan di dua buku sebelumnya, Rowling mulai menguak rahasia masa lalu Harry dan hubungannya dengan Voldemort. Jalan hidup Harry sepertinya mulai terpeta disini, pengkhianatan membuka luka lama, nuansa cerita yang lebih gelap dengan kehadiran dementor dan kisah tentang Azkaban, serta perkenalan Harry dengan sosok ayahnya dimasa lalu. Ada juga ramalan Profesor Trelawney, yang merupakan bagian dari ramalan besar sebelumnya.

Rowling juga tak kehabisan ide untuk menghadirkan beberapa tempat dan benda sihir baru. Selain lebih detail mengulas Diagon Alley lewat liburan musim panas Harry, kita juga diperkenalkan dengan Hosgmeade, satu-satunya desa sihir yang masih ada di Inggris. Sedangkan kehadiran peta perampok akan banyak berguna bagi Harry di masa yang akan datang.

the cool marauders map! pic from here

the cool marauders map! pic from here

Quote favorit tetap datang dari Dumbledore:

“Kaupikir orang-orang yang kita cintai, yang meninggal, benar-benar meninggalkan kita? Menurutmu tidakkah kita malah mengingatnya dengan lebih jelas daripada kapanpun, waktu kiat dalam kesulitan besar?”

Satu pertanyaan yang terus mengganggu adalah: kemana keluarga Harry yang lain? Memang ia diceritakan tidak memiliki keluarga sama sekali yang masih hidup selain keluarga Dursley, tapi dari sisi ayahnya, masa ia tidak punya sepupu, kakek, nenek, om, tante, dll? I wish Rowling will explore more about this.

Selain untuk event Hotter Potter yang dihost oleh Melisa, posting ini juga diikutsertakan dalam Fun Year Event with Children’s Literature yang di host oleh Bacaan Bzee, dan What’s in a Name Challenge yang dihost oleh Ren 🙂

hotter-potter-logo-1

Come join the event!

Come join the event!

Advertisements