Tags

, , , , ,

tears of giraffeJudul: Tears of The Giraffe

Penulis: Alexander McCall Smith

Penerbit: Anchor Books (2002)

Halaman: 227p

Beli di: Periplus Setiabudhi Bandung (IDR35k disc 20%, bargain price!)

Di buku kedua dari serial The No.1 Ladies’ Detective Agency ini, kita masih diajak untuk mengikuti sepak terjang detektif perempuan pertama dan satu-satunya di Botswana, Precious Ramotswe.

Seperti dalam buku pertamanya, Mma Ramotswe kembali menghadapi berbagai kasus misterius, antara lain seorang perempuan Amerika yang mencari anaknya yang menghilang 10 tahun lalu di Botswana, juga seorang laki-laki yang mencurigai istrinya berselingkuh. Namun tidak seperti di buku pertama, kisah Mma Ramotswe di buku kedua ini lebih banyak dibumbui drama kehidupan pribadinya juga, seperti lamaran pernikahan dari sahabatnya, Mr J.L.B Matekoni, keinginan sekretarisnya Mma Makutsi untuk mendapat promosi, dan kehadiran dua pendatang baru dari panti asuhan dalam hidup Mma Ramotswe. Namun apapun situasi yang dihadapi oleh Mma Ramotswe, kita akan kembali mengagumi kecerdasan dan kebijaksanaannya.

Meski agak merasa kehilangan unsur misteri yang tidak sekental buku pertamanya, aku masih bisa menikmati kisah Mma Ramotswe dalam buku ini. Keunggulan McCall Smith adalah kepiawaiannya dalam merangkai kata dan kalimat, memadukannya dengan diksi indah dan setting Botswana yang eksotik. Aku menyukai gaya sederhana McCall Smith dalam bertutur, yang dibumbui oleh berbagai pernik dan detail menarik dari sejarah dan budaya Afrika yang kaya.

Dan memang, Mma Ramotswe bukan sekadar detektif biasa, karena selain membantu memecahkan kasus-kasus kliennya, ia juga membantu mereka berkontemplasi dari sisi moral dan nilai-nilai yang dianutnya. Apakah istri yang sudah terbukti selingkuh bisa dilaporkan begitu saja pada suaminya, atau ada konsekuensi lain yang harus dihadapi. Pelajaran tentang dilema moral inilah yang tidak bisa ditemui di buku-buku detektif kebanyakan.

Posting ini diikutsertakan untuk posting bersama Blogger Buku Indonesia bulan Desember 2013 dengan tema detektif/misteri.