Tags

, , , , ,

Judul:The No.1 Ladies’ Detective Agency

Penulis: Alexander McCall Smith

Penerbit:Anchor Book (1998)

Halaman:235 p

Free book from Bookmooch!

Setelah ayahnya meninggal, Mma Ramotswe memutuskan untuk membangun bisnis sendiri dari uang warisan ayahnya. Yang membuatnya unik adalah jenis bisnis yang ingin ia tekuni: kantor detektif! Rasanya belum ada kantor detektif perempuan di Gaborone sebelumnya, makanya Mma Ramotswe menyebut kantornya dengan: No.1 Ladies’ Detective Agency.

Awalnya, bisnis ini masih sepi. Mungkin karena orang-orang di Gaborone meragukan kemampuan Mma Ramotswe. Di kantor itu hanya ada Mma Ramotswe dan sekretarisnya, Mma Makutsi yang terkadang makan gaji buta karena tidak ada pekerjaan. Namun untunglah, kasus demi kasus mulai berdatangan. Mulai dari istri yang suaminya menghilang, istri yang mencurigai suaminya selingkuh, sampai istri yang khawatir suaminya membeli mobil curian. Memang, kebanyakan klien Mma Ramotswe adalah para istri dan perempuan. Tapi rata-rata mereka puas dengan hasil penyelidikan Mma Ramotswe. Bila butuh nasihat, biasanya Mma Ramotswe pergi mengunjungi sahabatnya, Mr. J.L.B Matekoni yang sangat bijaksana. Terutama saat ia menghadapi kasus terbesarnya yang berhubungan dengan penculikan anak kecil oleh witchdoctor.

Aku sendiri heran, kenapa baru sekarang membaca serial ini. Ceritanya seru, karakternya memorable, dan background suasana Afrika dengan segala perniknya benar-benar membuat buku ini sangat-sangat layak menempati daftar koleksi. Alexander McCall Smith, yang sangat piawai meramu kejadian misterius dengan bumbu humor dan sekelumit kondisi ekonomi-sosial Botswana, telah berhasil membawa serial ini menjadi sebuah klasik. Dan betapa menyenangkannya karena McCall Smith masih terus produktif menelurkan serial Mma Ramotswe setiap satu-dua tahun sekali.