Tags

, , , , , ,

Judul: Troublemaker: Surviving Hollywood and Scientology

Penulis: Leah Remini

Penerbit: Ballantine Books (2015, First Edition)

Halaman: 234p

Beli di: Better World Books (USD 8.98)

Scientology adalah salah satu aliran kepercayaan yang paling banyak menuai kontroversi, baik karena latar belakangnya, cara merekrut pengikutnya, hingga taburan artis dan selebritas yang masuk di dalam kelompok ini.

Leah Remini adalah salah satu aktris Hollywood yang dibesarkan di tengah kelompok Scientology, dan tetap setia di dalamnya hingga ia menjadi selebritas terkenal. Sampai di satu titik, rasa muak dan akal sehatnya mengalahkan kesetiaan buta yang sudah ia pupuk bertahun-tahun, dan ia memutuskan untuk meninggalkan Scientology dengan segala resikonya. Buku ini adalah ungkapan hati dan pemikirannya tentang kepercayaan yang ia cintai sekaligus benci.

Dalam Troublemaker, Leah Remini berkisah tentang awal mula ia mengenal Scientology dan bagaimana ia dibesarkan di tengah ketidaklaziman: tidak menginjak bangku sekolah, hidup dalam kemiskinan bahkan ditelantarkan oleh orang tuanya, yang harus bekerja untuk organisasi tersebut.

Secara jujur Leah juga mengakui obsesinya untuk mencapai peringkat eksklusif yang hanya diberikan oleh organisasi ini pada pengikut-pengikutnya yang sudah memiliki pencapaian tertentu, termasuk artis Hollywood atau jutawan dengan kekayaan luar biasa. Leah bertekad ingin masuk ke lingkungan tersebut, dan impiannya tercapai saat ia berhasil menembus Hollywood dan menjadi bintang utama dalam TV show King of Queens.

Berbicara tentang Scientology tentu tidak akan lengkap tanpa kehadiran Tom Cruise, pengikut yang paling terkenal dan berpengaruh. Posisi Leah yang berhasil masuk ke dalam lingkaran eksklusif Scientology membuatnya bisa melihat dari dekat keseharian Tom Cruise dan betapa organisasi sangat memujanya. Leah bahkan menghadiri pernikahan Tom dengan Katie Holmes, dan menyaksikan banyak kejanggalan di sana.

Pertanyaan demi pertanyaan mulai mengusik Leah, dan ia mulai dikenal sebagai pemberontak yang tidak disukai oleh organisasi. Leah yang vokal dan berani mempertanyakan berbagai kebijakan, membuatnya menerima berbagai konsekuensi dan hukuman, dari mulai yang bersifat trivial hingga menekan.

Buku ini ditulis dengan gaya khas Leah Remini: ceplas ceplos, straightforward dan apa adanya. Leah mungkin bukan tokoh yang langsung mudah disukai, namun keterusterangannya lama kelamaan membuat kita semakin merasa terhubung dengannya. Berbagai info orang dalam yang disampaikannya di sini membuat kita ternganga namun sekaligus memahami konflik dan intrik di dalam organisasi Scientology.

Hingga buku ini terbit, Leah masih mendapat banyak kecaman dari Scientology, namun ia sudah siap menghadapi tantangan tersebut. Untuk menangkis serangan yang ia yakin akan dilancarkan oleh organisasi Scientology pada dirinya, Leah bahkan langsung membuat daftar berisi dosa-dosanya semasa hidup, sehingga tidak ada lagi yang bisa dipakai oleh Scientology untuk menjatuhkannya.

She’s a badass and she knows it!

Saya merekomendasikan buku ini untuk orang-orang yang ingin mengenal Scientology lebih dalam, intrik dan konflik di baliknya, bahkan kerunyaman dan kegilaan para pengikutnya, dengan gaya bertutur yang mengalir dan apa adanya.

 

Advertisements