Tags

, , , , , , ,

Judul: Curiosity House: The Screaming Statue

Penulis: Lauren Oliver & H.C. Chester

Penerbit: HarperCollins Children’s Books (First paperback Edition, 2017)

Halaman: 361p

Beli di: Better World Books (USD 6.48)

Setelah petualangan seru yang dialami oleh empat sahabat Max, Pippa, Sam dan Thomas di buku sebelumnya, kini mereka hadir kembali dengan petualangan selanjutnya yang tak kalah seru.

Dumfrey’s Dime Museum of Freaks, Oddities, and Wonders, mengalami masa-masa suram dan nyaris bangkrut, terlepas sari publisitas singkat yang sempat mereka dapatkan dari petualangan keempat sahabat tersebut di buku pertama. Max, Pippa, Sam dan Thomas terancam akan kehilangan rumah mereka. Musibah juga bertambah dengan terbunuhnya salah satu teman terbaik mefeka, pematung terkenal Siegfried Eckleberger alias Freckles. Penyelidikan keempat anak ini membawa mereka pada kasus pembunuhan lain yang sedang banyak dibicarakan di kota New York saat itu, yaitu pembunuhan pewaris keluarga kaya yang menghebohkan.

Sementara itu, musuh lama mereka (yang juga terkait erat dengan masa lalu mereka yang misterius), Nicholas Rattigan, kabarnya sudah pergi dari Chicago dan kemungkinan sedang menuju ke New York. Dengan segala kekacauan yang mereka hadapi, Pippa, Max, Thomas dan Sam berusaha mengerahkan tenaga (dan kemampuan unik mereka!) untuk menyelamatkan museum yang mereka cintai, sekaligus memecahkan kasus-kasus pembunuhan pelik yang mengancam keberlangsungan hidup mereka.

The Screaming Statue masih membawa formula yang sama dengan buku pertamanya, Shrunken Head. Lauren Oliver memang piawai merangkai petualangan dan misteri seru serta tema keluarga dan persahabatan, yang tentu saja diselingi dengan setting dan detail menarik dari Museum Dumfrey yang legendaris.

Perkembangan karakter keempat tokoh utama kisah ini juga dieksplorasi dengan lebih dalam, terutama yang menyangkut masa lalu mereka serta asal mula munculnya kemampuan super yang membawa mereka menjadi penghuni museum. Dan kehadiran tokoh baru, Howie, yang juga memiliki kemampuan unik, menambah konflik yang menguji persahabatan mereka.

Tidak sabar rasanya melanjutkan buku ke-3, The Fearsome Firebird, yang syukurlah sudah terbit saat ini.

Submitted for:

Category: A book by two authors