Tags

, , , , ,

Judul: Mio Anakku

Penulis: Astrid Lindgren

Penerjemah: Purnawati Olsson

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2005)

Halaman: 188p

Beli di: Bukumoo 123 (Facebook page)

Rasanya sudah lama sekali sejak terakhir saya membaca karya Astrid Lindgren. Yang paling membuat terkesan tentu saja adalah serial Pippi Longstocking yang menjadi favorit saya sejak kecil. Kali ini, Lindgren menciptakan sebuah dunia fantasi Negeri Nun Jauh. Tak disangka, Mio yang adalah anak yatim piatu dan sejak kecil tinggal bersama paman dan bibinya yang culas di kota Stockholm, ternyata merupakan putera mahkota yang sudah lama hilang dari Negeri Nun Jauh.

Untunglah, suatu hari Mio diberi kesempatan untuk pulang ke negaranya, dan berjumpa dengan ayah yang sangat dikasihinya. Untuk pertama kali seumur hidupnya, Mio bisa merasakan indahnya dicintai sang ayah, tinggal di negeri yang indah, dan memiliki teman-teman baru, termasuk Jum-Jum yang menjadi sahabat baiknya.

Namun, Mio amat terkejut ketika menyadari takdirnya sebagai putera mahkota adalah melawan Kesatria Kato, yang merupakan musuh bebuyutan Negeri Nun Jauh dan sudah sangat banyak menimbulkan kekacauan, kesedihan, dan penderitaan rakyatnya. Meski sadar misinya amat berbahaya, Mio bertekad tidak akan mundur, dan membuktikan kalau ia mampu menjadi putera mahkota sejati Negeri Nun Jauh.

Tidak seperti kisah Pippi, kisah Mio jauh lebih sendu, penuh dengan drama dan adegan yang lumayan serius untuk ukuran buku anak. Misalnya saja tentang anak-anak yang diculik oleh Kesatria Kato dan berubah menjadi burung. Juga beberapa karakter lain yang terimbas kekejaman sang Kesatria jahat dan mengalami penderitaan yang menyedihkan.

Tapi secara keseluruhan, kisah Mio yang terbilang kisah klasik (sang terpilih – misi rahasia – pertarungan akhir) cukup bisa dinikmati, terutama kalau kangen dengan kisah fantasi sebelum era modern Harry Potter, yang cukup sederhana, straightforward tapi tetap memorable.

As usual, Astrid Lindgren never disappoints 🙂

Rating: 3.5/5

Recommended if you like: children’s classics, Harry Potter-esque storylines, simple fantasy land

Submitted for:

Category:A book by an author with the same initials as you