Tags

, , , , , , ,

fivepigs1Judul: Five Little Pigs (Mengungkit Pembunuhan)

Penulis: Agatha Christie

Penerjemah: Alex Tri Kantjono W

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2013)

Halaman: 376p

Beli di: Gramedia Trans Studio Mall Bandung (IDR 55k)
Hercule Poirot terkejut ketika dikunjungi seorang gadis cantik bernama Carla Lemarchant. Ia lebih terkejut lagi saat mengetahui tujuan gadis itu, yaitu memintanya untuk menyelidiki pembunuhan yang terjadi 16 tahun yang lalu dan merupakan sebuah tragedi besar yang menimpa keluarganya.

Ayah gadis tersebut, pelukis jenius Amyas Crale, dibunuh karena diracuni, dan ibunya ditangkap setelah diputuskan bersalah. Namun sebelum meninggal di penjara, Caroline Crale, ibu Carla menulis surat pada anaknya, yang menyatakan dirinya tak bersalah.

Carla yang berusia 21 tahun dan akan menikah memohon Poirot untuk mencari kebenaran peristiwa tersebut, sehingga ia bisa menjalani masa depannya dengan tenang. Maka dimulailah perjalanan Poirot menyusuri masa lalu, mengunjungi lima orang lain yang terlibat dalam kasus itu, yang ia sebut sebagai kelima babi kecil berdasarkan sajak kanak-kanak yang terkenal.

This little piggy went to market,
This little piggy stayed at home,
This little piggy had roast beef,
This little piggy had none.
And this little piggy went…
“Wee wee wee” all the way home…

Cover GPU jaman dulu, unsur simboliknya lebih terasa.

Cover GPU jaman dulu, unsur simboliknya lebih terasa.

Ada Phillip Blake, sahabat Amyas Crale yang kini menjadi pengusaha sukses, dan entah mengapa amat membenci Caroline; Meredith Blake, abang Phillip yang berminat pada tumbuh-tumbuhan dan selalu mencintai Caroline; Elsa Greer, wanita ketiga yang dianggap sebagai pemicu tragedi tersebut; Cecilia Williams, guru pengasuh anak-anak yang jujur apa adanya; dan Angela Warren, adik tiri Caroline Crale yang berwajah cacat akibat kecelakaan masa lalu. Mungkinkah salah satu dari mereka merupakan pembunuh Amyas, dan Caroline benar-benar tidak bersalah?

Buku ini merupakan salah satu buku dengan teknik penulisan yang tersulit. Christie menyajikan suatu kasus yang sudah lama berselang- dan mengandalkan ingatan orang-orang yang terlibat berdasarkan sudut pandang mereka masing-masing. Kelima babi kecil ini menceritakan urut-urutan kejadian dengan gaya mereka masing-masing. Ada yang teliti, bertele-tele, emosional maupun lugas. Either you will hate this book because it feels so boring, or you’ll love it because of its genius approach. Dan seperti biasa, Poirot memiliki metodenya sendiri, yang praktis, hati-hati dan out of the box.

Menurutku, Poirot berada dalam salah satu kondisinya yang terbaik di sini, bersemangat mencari kebenaran, tergugah oleh permintaan seorang gadis, dan tertantang untuk menyusuri masa yang telah berlalu. Tidak seperti beberapa buku setelahnya, ketika ia digambarkan agak getir, bersungut-sungut dan bosan pada kehidupan, di sini Poirot masih terlihat menyegarkan. Sepertinya Christie belum merasa bosan dengan sosok detektif ciptaannya ini.

Nggak begitu suka cover ini, terlalu ramai dan gelap

Nggak begitu suka cover ini, terlalu ramai dan gelap

Twist dan penyelesaiannya cukup mengagetkan, bila dilihat ulang terasa sangat masuk akal, dan seperti biasa Agatha Christie membuat kita lengah sehingga melewatkan banyak fakta penting yang terlihat tidak penting. Setting rumah di daerah pedesaan dalam masa kejayaannya juga terasa sangat pas. One of her best, actually.

Punya juga edisi ini, bahasa Inggris

Punya juga edisi ini, bahasa Inggris

Trivia:

– Five Little Pigs adalah judul orisinil buku ini. Namun di Amerika, buku ini diterbitkan dengan judul “Murder in Retrospect”, mungkin ini juga yang menjadi acuan judul terjemahan yang diterbitkan oleh Gramedia, Mengungkit Pembunuhan, yang sama sekali tidak menyinggung adanya babi 🙂

-Five Little Pigs adalah satu dari lima buku Agatha Christie yang temanya menyelidiki pembunuhan yang telah berlalu. Beberapa yang lain adalah Elephants Can Remember, Sparkling Cyanide, Ordeal by Innocence, serta Sleeping Murder.

Cover edisi lama ini malah paling ceria ;)

Cover edisi lama ini malah paling ceria 😉

Submitted for:

Agatha Christie Button Meme 1MysteryReadingChallengeButton1

 

Advertisements