Tags

, , , ,

Beberapa minggu yang lalu, seorang teman mengundang saya (dan Yofel) datang ke pesta ulang tahun anaknya yang ke-5. Namun, tidak seperti kebanyakan pesta ulang tahun lainnya yang diadakan di restoran fast food atau playground anak, pesta teman saya diadakan di The Open Book, sebuah perpustakaan anak yang terletak di Dharmawangsa Square, Jakarta Selatan.

Saya cukup excited karena selain kepingin melihat tempatnya, juga penasaran dengan acara ulang tahunnya sendiri. Maklumlah, selama ini acara ulang tahun anak yang saya tahu itu penuh kehebohan, MC yang suka lebay, dan anak-anak yang lari ke sana-sini. Sementara, di perpustakaan kan mana mungkin seperti itu?

Maka, di hari minggu sore yang berhujan, berangkatlah saya, Rayo dan Yofel ke Dharmawangsa Square. The Open Book sendiri terletak di lantai dua, menyempil di antara toko-toko hobi dan butik serba mahal di mall yang terbilang sepi ini.

Dari luar, The Open Book tampak seperti toko buku anak yang menyenangkan. Setelah masuk ke dalamnya, ternyata memang betul-betul menyenangkan!

The Bookshelves

The Bookshelves

Kids are Reading

Kids are Reading

Middle Grade and Young Adult Sections, my fave!

Middle Grade and Young Adult Sections, my fave!

Rak-rak buku dalam berbagai bentuk dan desain, dari yang bertingkat standar sampai yang berbentuk melingkar dengan kamar tersembunyi di bagian tengahnya, memenuhi ruangan yang tidak terlalu luas tetapi masih tetap nyaman.

Anak-anak (dan orang tua!) bebas membaca di mana pun, sambil selonjoran di lantai, menyandar di dinding atau masuk ke dalam ruang baca di bagian dalam. Yang ini pojok favorit Yofel:

 

Perfect reading nook :)

Perfect reading nook🙂

Acara ultahnya sendiri simpel tapi menyenangkan. Diawali dengan storytelling, anak-anak diajak berkumpul di reading room, duduk di bantal atau bean bags yang tersebar di lantai, dan mendengarkan seorang kakak membacakan cerita. Berhubung sebagian besar peserta adalah anak laki-laki, pilihan pun jatuh pada kisah Transformers.

Storytelling time

Storytelling time

Setelah itu, dilanjutkan dengan art & craft, di mana anak-anak diajak untuk membuat kerajinan tangan robot dari bahan-bahan sederhana yang sudah disiapkan. Lalu, acara pun ditutup dengan tiup lilin, menyanyi bersama, potong kue dan pembagian goody bag. Simpel, tapi tetap menyenangkan.

Saya sendiri berencana kapan-kapan akan mengajak Yofel ke sana lagi untuk menjelajahi koleksi buku perpustakaan yang cukup lengkap tersebut. Sebagian besar koleksi The Open Book memang merupakan buku berbahasa Inggris, tapi ada juga kok yang berbahasa Indonesia atau bilingual.

Koleksi bukunya bervariasi, mulai dari picture books, board books, chapter books, light novels, middle grade sampai young adult novels juga ada. Bahkan buku bertema religious juga ada lho.

The Open Book menyediakan paket member per bulan maupun annual, yang cocok banget untuk anak-anak yang tinggal di daerah Jakarta Selatan. Kalau untuk saya sih, agak rugi ya, karena nggak bakal tiap minggu juga berkeliaran di daerah Selatan, hahaha…Untuk yang ingin sekadar main-main dulu, The Open Book juga punya program daily pass yang bisa dipakai untuk sekali kunjungan saja, termasuk untuk meminjam buku.

The Open Book

Darmawangsa Square,
The City Walk, 2nd Floor,Unit 36-37
Jl. Darmawangsa VI & IX
Telp : 021 727 808 25/26
Jakarta 12560

http://www.theopenbook.co.id/

@theopenbook_id

Opening Hours:
Monday – Friday : 10.00 – 19.00
Saturday : 10.00 – 17.00 – Sunday : 11.00 – 15.00