Tags

, , , , , ,

Judul: Artforum

Penulis: Cesar Aira

Penerbit: New Directions (2020)

Halaman: 82p

Beli di: @Post_Santa (IDR220k)

Artforum adalah sebuah buku unik yang berisi kisah seorang laki-laki yang terobsesi dengan majalah seni Artforum. Karena tinggal di Buenos Aires, sementara Artforum diterbitkan di Amerika Serikat, pria ini seringkali kesulitan mendapatkan majalah kesayangannya itu.

Segala cara pun dilakukan, dari mulai mencari di toko buku bekas, hunting obralan atau koleksi pribadi yang dilepas pemiliknya, dan bahkan akhirnya memberanikan diri untuk berlangganan langsung. Tapi setelah berlangganan pun, dia tidak selalu bisa menerima majalah Artforum. Kadang terlambat hingga berbulan-bulan, bahkan lenyap tak berbekas, entah hilang di perjalanan laut, atau ditilep oleh pos lokal? Kecurigaan demi kecurigaan berakar dalam dirinya, yang bahkan sering berakhir dengan fantasi liar yang super kocak.

Buku ini, selain unik dan lucu, serta penuh dengan humor sarkastik, juga sangat relate dengan para pencinta buku, yang saya yakin pernah mengalami obsesi yang sama dengan sang pria Artforum. Kecintaan kita pada buku, ingin mengoleksi judul yang sama dengan cover berbeda, memesan buku online dan setiap hari mengecek tracking numbernya, serta menganggap buku sebagai salah satu harta paling berharga – saya yakin para book addict bisa relate dengan pengalaman-pengalaman tersebut.

Dan rasanya memang seru juga menertawakan si pria Artforum (yang sepertinya memang adalah Cesar Aira sendiri, tapi tidak pernah dikonfirmasi di sepanjang buku) – sambil ikut menertawakan diri kita sendiri.

Saya belum pernah membaca karya Cesar Aira sebelumnya, dan ini adalah pengalaman yang menyenangkan, yang membuat saya bersyukur untuk toko buku independen seperti Post Santa yang kerap memberikan rekomendasi segar serta akses untuk buku-buku yang jarang ditemui di Indonesia.

Rating: 3.5/5

Recommended if you are: a booklover, obsessed with something, want to have a quick read, look for something witty, want to have a glimpse of life in Buenos Aires

Submitted for:

A book that has fewer than 1,000 reviews on Amazon or Goodreads (only 250 ratings!)