Tags

, , , , , ,

Judul: His & Hers

Penulis: Alice Feeney

Penerbit: Flatiron Books (2020, Kindle Edition)

Pages: 308p

Beli di: Amazon.com (USD 1.99, bargain!)

Two sides, one story.

Who will you believe?

Pembunuhan di kota Blacktown awalnya tampak seperti kejadian kriminal biasa, namun ternyata setelah itu, menyusul beberapa pembunuhan lain yang mengincar para perempuan yang dulu bersekolah di sekolah yang sama. Motif apakah yang dimiliki si pembunuh?

Kisah yang tampak seperti kisah serial killer standar ini dibuat tidak biasa dengan penuturan dari dua sudut pandang berbeda, yaitu mantan suami istri yang sedikit banyak terlibat dalam persitiwa ini.

She adalah Anna Andrews, reporter BBC yang hidup sendirian di London. Suatu tragedi di masa lalu membuatnya menjadi perempuan yang tidak bahagia, kerap melarikan diri dari masalahnya melalui alkohol. Krisis di tempat kerja membawanya meliput berita pembunuhan di Blacktown, namun rekan-rekan kerjanya tidak tahu kalau Blacktown adalah kampung halaman Anna, tempat ibunya masih tinggal dan tempat tragedi besar pernah terjadi dalam hidupnya.

He adalah Detective Chief Inspector Jack Harper, mantan suami Anna yang pindah ke Blacktown setelah perceraian mereka. Ia bertugas menangani pembunuhan yang amat sangat jarang terjadi di kota kecil tersebut, namun penyelidikannya tidak lepas dari conflict of interest, karena ia mengenal para korban dan bahkan menemukan beberapa barang bukti di mobilnya sendiri.

Narasi yang ditulis silih berganti antara Anna dan Jack merupakan daya tarik utama buku ini, terlebih karena keduanya merupakan unreliable narrators. Banyak bagian yang sengaja mereka hilangkan dari narasi, membuat kita bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi, dan siapa yang tidak jujur?

Buku ini lumayan dark juga, dan pembunuhannya dideskripsikan dengan cukup detail. Di antara kedua narator, ada juga narasi dari “sang pembunuh” yang misterius, yang cukup ambigu dan membuat kita mencoba mencocokkan karakternya dengan beberapa karakter mencurigakan di buku ini.

Overall, His & Hers lumayan memuaskan untuk genre domestic thriller yang penuh dengan twists. Endingnya pun – meski masih bisa tertebak – dijelaskan dengan cukup pas dan masuk akal. Tidak banyak lubang-lubang yang tak terjelaskan, dan semua red herring masih bisa diterima.

Rating: 4/5

Recommended if you like: domestic thriller, unreliable narrators, twisted ending, some British dry plot, serial killer plot, satisfying twists.