Tags

, , , , ,

Judul: The Good Thieves

Penulis: Katherine Rundell

Penerbit: Bloomsbury Publishing (2019)

Halaman: 322p

Beli di: Periplus (IDR 60k, bargain!)

It’s always good to find a new author that you actually like, and realized that they already wrote other books that you haven’t read!!

Inilah yang terjadi saat saya iseng membaca buku The Good Thieves karya Katherine Rundell, karena sedang diskon di Periplus, dan rating Goodreadsnya juga bagus. Plus, saya selalu senang menemukan buku-buku middle grade yang belum pernah saya dengar sebelumnya.

Dan ternyata, the impulsive act paid off – karena The Good Thieves adalah buku dengan semua unsur kisah middle grade yang saya sukai: karakter-karakter unik, plot yang seru dan penuh teka-teki, serta setting yang menyenangkan. Saya bahas sedikit ya, satu demi satu.

Karakter:

Vita – yang diajak ibunya mengunjungi Kakeknya yang tinggal di kota New York (dan baru mengalami tragedi menyedihkan) – bertekad untuk membuat Kakeknya tersenyum lagi. Meski itu berarti ia harus melakukan rencana nekat. Dan Vita tidak membiarkan kelemahan tubuhnya akibat kena penyakit polio menghalangi rencana-rencananya.

Arkady – favorit saya nih – anak sirkus yang memiliki bakat khusus bergaul dengan hewan. Hewan sebuas apapun pasti akan menurut pada Arkady, termasuk anjing super galak yang menjadi salah satu tantangan di rencana Vita.

Samuel – berasal dari Afrika, Samuel sudah diplot oleh pamannya untuk meneruskan pertunjukan kuda yang menjadi ciri khas keluarga mereka di sirkus. Tapi passion terdalam Samuel adalah akrobatik – dan ia tidak akan menyerah sebelum mimpinya kesampaian.

Silk – anak perempuan sekaligus pencopet paling lihai di New York. Meski masa lalunya menyedihkan, Silk bertahan di kota New York yang keras, dan keahliannya sangat penting untuk menunjang rencana Vita,

Plot:

Pembalasan dendam dengan rencana heist super nekat untuk mengembalikan kastil Kakek Jack setelah ditipu mentah-mentah oleh penjahat ulung kota New York, Sorrotore. Memang kisahnya agak fantastis, tapi unsur petualangan dan misterinya tetap seru untuk diikuti. Dan semua karakter utama memiliki peran yang cukup seimbang, sehingga tidak ada yang menonjol sendirian. Team work FTW!

Setting:

Kota New York saat prohibition era: flapper jazz, yes, tapi juga kriminal dan illegal alcohol. Semuanya dikemas ke dalam kisah dengan sudut pandang anak-anak (well, middle graders), yang tidak oversimplify. Dilengkapi dengan ilustrasi yang cantik, dan featuring tempat-tempat khas NYC mulai dari Central Park, Carnegie Hall hingga Hudson River, pokoknya buku ini pas untuk pencinta kota New York 🙂

Rating: 4/5

Recommended for: middle grade lovers, NYC enthusiasts, revenge and heist plotter, circus mania, and if you just look for a great book in general 🙂