Tags

, , , , , ,

Title: The Cousins

Writer: Karen M. McManus

Publisher: Penguin Books (2020)

Pages: 325p

Bought at: Periplus (IDR 147k, disc 10%)

Karen M. McManus adalah salah satu penulis yang cukup konsisten dan produktif, hampir setiap tahun menelurkan buku baru dengan genre yang sama, young adult thriller/mystery. Ciri khasnya adalah karakter generasi millenials atau Gen-Z, dengan latar belakang kota kecil atau komunitas sempit yang penuh dengan orang-orang mencurigakan dan rahasia masa lalu suram, dan tentu saja – kejahatan yang biasanya berhubungan dengan pembunuhan.

Meski formulanya terasa mirip-mirip, McMannus cukup kreatif untuk mengolahnya menjadi kisah dengan sudut pandang baru yang lumayan menyegarkan. Tak terkecuali di buku The Cousins, yang kali ini berkisah tentang keluarga kaya, the Storys, yang memiliki rahasia masa lalu yang mengubah kehidupan generasi mendatang secara drastis.

Keluarga Story terkenal karena memiliki resort mewah di sebuah pulau kecil di wilayah East Coast. Namun tak lama setelah kematian Mr. Story, Mrs. Story memutuskan hubungan dengan keempat anaknya, dan menghapus mereka dari daftar pewaris keluarga. Alasannya sangat misterius, hanya disampaikan oleh pengacaranya lewat sepucuk surat singkat dengan kalimat aneh “You know what you did”.

Namun, keempat anak Story merasa tidak tahu apa yang sudah mereka perbuat hingga membuat ibu mereka murka dan memutuskan hubungan dengan mereka. Keempatnya pun mencari jalan hidup masing-masing. Adam, si sulung, menjadi penulis buku yang terjebak dalam writer block, Anders terlibat kasus investasi mencurigakan, Alyson tinggal di NYC namun bercerai dari suami yang sebenarnya amat baik, sedangkan Archer si bungsu menghilang entah ke mana.

Namun di suatu musim panas, ketiga cucu keluarga Story menerima surat dari nenek mereka, Mildred, yang meminta mereka datang ke resort untuk bekerja selama musim panas, sekaligus saling mengenal lebih dekat. Maka para sepupu yang sudah lama tidak bertemu pun akhirnya bereuni kembali. Aubrey (anak Adam), Milly (anak Alyson), dan Jonah (anak Anders) tidak tahu apa yang akan mereka hadapi, namun masing-masing mendapatkan beban dan orang tua mereka, untuk mengambil hati sang Nenek dan mengembalikan mereka ke daftar pewaris keluarga Story.

Kisah ini agak mengingatkan saya dengan We Were Liars, karakter keluarga kaya yang memiliki pulau di East Coast, para sepupu dengan hubungan unik, dan masa lalu misterius yang mengubah nasib keluarga tersebut. Bagaimanapun, saya cukup menikmati buku ini. Saya suka dinamika antara Aubrey, Milly, dan Jonah, serta menebak-nebak rahasia kelam keluarga (yang sebenarnya cukup bisa tertebak, tapi beberapa red herring lumayan membuat seru kisah ini). Ada plot yang agak terlalu fantastis di bagian akhir, namun penjelasan yang diberikan masih bisa diterima.

Overall, this is a pretty decent book, cukup ringan namun tidak terlalu klise, dan tidak seperti kebanyakan buku thriller YA, karakter-karakternya tidak terlalu annoying.

Rating: 3.5/5

Recommended if you like: dysfunctional family stories, snobbish people, dark but not too gritty mysteries, East Coast setting, summer thrillers, and twisted endings.

Submitted for:

Category: A book with a family tree