Tags

, , , , ,

Judul: Guidebook to Murder (Tourist Trap Mysteries 1)

Penulis: Lynn Cahoon

Penerbit: eKensington (2014, Kindle version)

Halaman: 227p

Beli di Amazon.com ($1.99)

Kalau lagi kepingin bacaan ringan dan tidak terlalu banyak mikir, cozy mystery adalah salah satu genre yang pas. Hanya saja, saya memang lumayan pilih-pilih, karena kadang saking ringannya, banyak kisah bergenre ini ditulis dengan amat klise: karakter detektif amatir (biasanya perempuan) yang sok tahu tapi kurang cerdas, karakter cowok (biasanya polisi atau detektif betulan atau bahkan mantan penjahat) yang misterius dan pada akhirnya berperan sebagai pahlawan, serta plot yang tidak terlalu menarik dan mudah ditebak.

Saya memilih Guidebook to Murder karena setting kisahnya sesuai dengan salah satu prompt Summer reading challenge yang saya ikuti, ditambah lagi tokoh utamanya adalah pemilik toko buku dan cafe. Anything with bookish setting is usually good.

Namun ternyata kisah pertama dari serial A Tourist Trap Mystery ini agak-agak melenceng dari premisnya. Bukan saja tidak berhubungan dengan buku, bahkan karakter utamanya, Jill Gardner, tidak terlalu banyak menghabiskan waktunya di toko buku miliknya, karena ia disibukkan oleh warisan rumah tua dari temannya yang meninggal secara misterius.

Miss Emily, teman dekat Jill di kota kecil South Cove, California, meninggal mendadak – yang langsung dicurigai sebagai pembunuhan. Belum hilang rasa kaget Jill, ia sudah dikejutkan lagi dengan kenyataan kalau Miss Emily mewariskan rumah tua beserta tanah luas miliknya untuk Jill.

Yang membuat Jill cemas adalah ia memiliki deadline untuk merenovasi rumah tersebut sesuai peraturan dari pemerintah setempat, kalau tidak mau rumahnya disita. Ditambah lagi, ternyata banya pihak yang menginginkan rumah dan tanah tersebut dengan berbagai alasan misterius, mulai dari keluarga jauh Miss Emily, hingga developer real estate yang menyebalkan. Di tengah kekacauan hidupnya, Jill juga khawatir karena sahabatnya yang lain, Amy, menghilang tanpa jejak. Untung saja ada Detektif Greg King yang ganteng, yang siap membantunya memecahkan segala misteri ini.

Kalau melihat sinopsisnya, memang betul, Guidebook to Murder terlihat cukup klise XD Untung saja at least karakter-karakternya tidak terlalu annoying, dan pemecahan misterinya, meski agak bisa tertebak, tetap menyisakan cukup kejutan di bagian akhir.

Syaa sendiri cukup menikmati buku ini, meski tidak terlalu berminat melanjutkan serialnya. Ada beberapa series cozy mystery yang lebih menarik dan kuat dari segi plot dan penceritaan, dengan setting dunia perbukuan yang lebih menonjol, dan secara keseluruhan tidak terlalu mediocre. Mudah-mudahan nanti saya akan sempat mereviewnya juga.

Submitted for:

Category: A book that takes place in a beach town