Tags

, , , , , , , ,

Judul: The Summer of Bad Ideas

Penulis: Kiera Stewart

Penerbit: HarperCollins Publishers (2017)

Halaman: 296p

Beli di: Big Bad Wolf (IDR 70k)

Di belahan dunia Barat, khususnya Amerika Serikat, buku-buku summer menjadi “genre” tersendiri yang kerap ditunggu-tunggu kehadirannya. Mungkin karena summer di sana identik dengan masa santai atau liburan panjang, khususnya bagi anak sekolah dan kuliah, yang kadang panjangnya bisa lebih dari dua bulan.

Karenanya summer seringkali dijadikan waktu untuk bertualang, berefleksi, membawa perubahan ataupun membuka lembaran baru sebelum memulai cycle baru. Saya sendiri cukup menyukai buku-buku bergenre summer, yang biasanya memiliki gaya bahasa yang santai, setting yang hangat, dan tema yang inspiratif.

The Summer of Bad Ideas merupakan buku bersetting summer yang ditujukan bagi pembaca middle grade, dan menurut saya berhasil memenuhi ekspektasi sebagai buku summer yang menyenangkan.

Edie, sang karakter utama, terpaksa mengikuti orang tuanya berlibur di Florida, untuk membereskan rumah mendiang neneknya yang akan dijual. Meski kecewa tidak bisa menghabiskan musim panas dengan sahabatnya, Taylor, Edie cukup bersemangat untuk mengenal Rae, sepupu yang belum pernah ia temui dan masuk dalam kategori anak cool.

Edie yang pada dasarnya introvert dan nerdy, ingin membuat Rae terkesan, dengan mengusulkan kegiatan musim panas yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya. Ia menemukan list berisi kegiatan-kegiatan yang pernah dilakukan oleh Petunia, nenek mereka yang adventurous saat ia masih seusia mereka.

Menangkap ular dengan tangan kosong, menemukan harta terpendam, membuat wish saat bintang jatuh, dan memeluk seseorang yang tidak ingin kau peluk – adalah sebagian isi daftar yang Edie dan Rae coba untuk lakukan, sekaligus mengenang kehidupan Petunia yang penuh warna.

Namun ternyata, mencentang daftar tersebut tidaklah mudah, dan Edie menemukan banyak kendala yang bahkan merusak hubungannya dengan Rae. Namun di tengah semua tantangan tersebut, Edie juga menemukan banyak pengalaman baru, teman-teman baru, dan hal baru tentang dirinya sendiri.

The Summer of Bad Ideas menurut saya merupakan buku yang cukup solid, memiliki elemen-elemen yang pas untuk buku middle grade: interesting heroine, strong character development, great adventures, dan setting yang digambarkan dengan cukup detail dan unik. Kisah penemuan jati diri atau sejenisnya memang cukup klise, tapi Kiera Stewart adalah penulis yang baik, yang bisa menyajikan kisahnya dengan hidup, menimbulkan rasa simpati kita pada Edie, dan terhubung dengan keluarganya yang aneh namun menyenangkan. A recommended summer book, indeed.

Submitted for:

Category: A book with “summer” in the title