Judul: The Castle of Adventure

Penulis: Enid Blyton

Penerbit: Macmillan Children’s Books (2015)

Halaman: 261p

Beli di: Big Bad Wolf Jakarta (IDR 420k, part of a bundle)

Melanjutkan petualangan di buku pertama, kali ini Philip, Jack, Dinah, Lucy Ann dan Kiki si burung iseng, berlibur di cottage bersama Ibu Philip dan Dinah. Spring Cottage terletak di sebuah desa yang tenang, yang membuat mereka berpikir tidak akan ada petualangan kecil sekalipun.

Namun perkiraan mereka tentu saja salah. Ada sebuah kastil tua yang terbengkalai di dekat cottage mereka, tempat Jack mengamati sarang burung elang yang cukup langka. Ditemani oleh anak perempuan yang tinggal di daerah sana, keempat sahabat ini menjelajahi kastil yang kabarnya memiliki sejarah kelam di masa lalu.

Ternyata kastil tersebut bukanlah kastil kosong biasa, karena anak-anak bertemu dengan beberapa lelaki misterius yang bersembunyi di sana dan sepertinya memiliki niat jahat! Sinyal di tengah malam, peta-peta misterius, ruang dan lorong rahasia – tanpa sadar, keempat petualang kita kembali terjerumus dalam kejadian luar biasa yang mendebarkan!

Untung saja -seperti biasa- ada Bill Smugs yang secara tak terduga terlibat juga dalam petualangan mereka. Jadi tentu saja semua berakhir dengan baik 🙂

Dibandingkan dengan buku pertama, Castle of Adventure terasa lebih nanggung – hingga akhir cerita, tidak terlalu jelas apa sebenarnya yang dilakukan oleh para penjahat, karena semuanya serba rahasia. Hal inilah yang membedakan serial Adventure ini dari serial sejenis seperti Lima Sekawan dan Pasukan Mau Tahu. Sepertinya memang unsur petualangannya yang lebih diutamakan, sedangkan urusan misteri atau kasusnya tidak terlalu melibatkan anak-anak dan lebih diserahkan pada Bill Smugs.

Untuk yang suka nuansa petualangan, memang serial ini jadi terasa lebih mengasyikkan, karena penggambaran settingnya memang lumayan detail, apalagi sering mengambil tempat di luar ruangan, bersama dengan binatanng-binatang liar. Tapi kalau yang lebih suka jenis cerita misteri dengan puzzle yang harus dipecahkan, memang kisah petualangan Jack, Philip, Dinah, dan Lucy Ann kadang jadi terasa kurang nendang 😀

Submitted for:

Category: A book with an item you’d find at the beach in the title