Tags

, , , , , , , , ,

Judul: Hattie Big Sky

Penulis: Kirby Larson

Penerbit: Delacorte Press (2006)

Halaman: 289p

Beli di: Second Story Books, Washington DC (USD 6)

Hattie Brooks adalah seorang anak yatim piatu yang dibesarkan oleh paman dan bibinya di Iowa. Meski ia selalu berusaha untuk bersyukur, Hattie seringkali merasa ingin memiliki hidup yang lebih baik, dengan tujuan dan masa depan yang jelas. Suatu hari, keinginannya terkabul, saat ia mendapat warisan tanah di Montana dari seorang paman yang tak pernah ia kenal.

Meski banyak yang meragukannya, Hattie bertekad untuk membuktikan pada semua kalau ia mampu mengelola tanah warisan tersebut, biarpun itu berarti ia harus berjuang sendiri di tanah Barat yang masih liar, dan melakukan hal-hal yang sama sekali tidak ia ketahui sebelumnya, seperti bercocok tanam dan beternak.

Di Montana, meski berat dan menantang, Hattie dibantu oleh teman-teman baru yang sekaligus menjadi keluarganya. Ada keluarga Mueller yang super baik, meski selalu menerima cemoohan warga sekitar akibat masih keturunan Jerman, dan saat itu Amerika sedang berperang melawan Jerman di Perang Dunia I. Ada juga Traft Martin, pemuda kaya yang menjadi frenemy Hattie- chemistry mereka seringkali berujung ke arah hubungan romans, namun niat Traft untuk membeli tanah Hattie membuat hubungan mereka senantiasa penuh pertengkaran.

Di tengah segala situasi politik lokal, perang dunia, wabah flu, dan berbagai tantangan lainnya, Hattie selalu siap untuk mengatasi segalanya, menjadi teman yang baik dan petani daerah Barat yang tangguh. Dan ia tetap setia menulis surat pada teman baiknya dari Iowa, yang sedang bertempur di medan perang, Charlie.

Hattie Big Sky adalah buku yang memiliki semua keunggulan yang diharapkan dari buku-buku Young Adult/Middle Grade dengan genre historical fiction: karakter heroine yang menyenangkan, mandiri, dan tangguh, meski tetap humanis dan tak lepas dari flaws; setting yang memikat dan deskriptif; konflik dan masalah yang digambarkan dengan jelas dan masuk akal; serta penyelesaian yang tidak klise.

Kirby Larson adalah pencerita yang baik, dan mampu membuat saya sebagai pembaca langsung masuk ke dalam kisah hidup Hattie, meski banyak hal seperti teknik cocok tanam, bertani, panen, beternak dan mengelola tanah di area Barat yang tidak familiar bagi saya. Awalnya saya kira akan banyak bagian yang membosankan terutama yang berhubungan dengan hal-hal tersebut, namun Larson mengolah kisahnya dengan apik, dan tidak ada adegan yang terbuang sia-sia atau terlalu bertele-tele.

Tidak heran Hattie Big Sky menerima penghargaan Newbery Honor tahun 2007. Endingnya yang tidak biasa juga mengundang kita untuk terus mengikuti sepak terjang Hattie di bukunya yang kedua, Hattie Ever After.

Submitted for:

Kategori: A Western