Tags

, , , , , , , ,

Judul: The Farm

Penulis: Joanne Ramos

Penerbit: Bloomsbury Publishing (2019)

Halaman: 326p

Beli di: Periplus.com (IDR 55k, bargain!)

The Characters:

Mae Yu: pengusaha perempuan yang ambisius, latar belakang keluarga membuatnya sangat ingin membuktikan dirinya bisa sukses. Ia mempertaruhkan kariernya ketika menggolkan ide Golden Oaks pada bosnya. Industri fertilitas yang menjadi tempat para perempuan muda (kebanyakan imigran) menjadi surrogate bagi wanita kaya raya yang ingin memiliki anak tapi tidak bisa (atau tidak mau) hamil. Dan ketika seorang klien VVIP ingin mempunyai bayi melalui fasilitas Golden Oaks, Mae merasa inilah kesempatan yang sudah ia tunggu-tunggu.

Jane: perempuan muda imigran dari Filipina, berusaha mencari kehidupan yang lebih baik di Amerika. Keputusan demi keputusan yang tidak bijaksana kerap kali membelokkan hidupnya ke arah yang tidak ia inginkan. Bayi mungil perempuan, perceraian dengan suaminya, serta kebutuhan ekonomi yang mendesak, membuat Jane harus mengambil keputusan yang akan mengubah hidupnya selamanya. Apakah Golden Oaks merupakan jawaban atas mimpi-mimpinya selama ini?

Aunt Ate: wanita imigran asal Filipina, kerabat Jane satu-satunya di Amerika yang masih peduli padanya. Ate cukup sukses meniti karier sebagai Nanny sekaligus makelar yang memasok para imigran bekerja di keluarga-keluarga kaya dan elite di New York. Namun sampai kapan ia bertahan, dan apakah mungkin suatu hari ia bisa pulang ke Filipina untuk berkumpul dengan anak-anaknya?

Reagan: gadis muda Amerika dari keluarga privilege yang masih mencari arti hidupnya. Ia ingin melakukan sesuatu yang bisa menolong orang lain, bahkan mengubah dunia. Dan ketika ia memutuskan untuk menerima tawaran Golden Oaks, ia tidak membayangkan pengalaman yang akan ia peroleh.

The Plot:

The Farm merupakan buku unik yang menggabungkan beberapa isu penting ke dalam plotnya, Isu imigran dan American dreams dikupas di sini, terutama bagi para imigran perempuan yang berasal dari Filipina. Mungkin karena penulisnya, Joanne Ramos, masuk ke kategori tersebut.

Yang juga unik adalah ide tentang pusat fertilitas dan surrogate mothers. Banyak alasan mengapa orang memilih untuk memiliki anak lewat metode surrogate. Namun yang dibahas di The Farm adalah pilihan yang dimiliki oleh orang-orang kaya (dengan aset mereka yang tak terbatas) serta bagaimana keinginan-keinginan mereka bisa tercapai dengan memanfaatkan siapapun, terutama orang-orang yang tidak seberuntung mereka baik dari segi ekonomi maupun pendidikan.

Kebanyakan perempuan muda yang bekerja di Golden Oaks sebagai surrogate mother adalah kaum imigran yang tidak memiliki pilihan lain dalam hidupnya. Mereka hanya ingin pekerjaan dengan bayaran besar yang bisa memperbaiki bahkan mengubah kehidupan keluarga mereka. Namun bagi orang-orang kaya yang menyewa jasa mereka (serta bagi pengusaha seperi Mae), mereka hanyalah semacam sapi perahan yang habis manis sepah dibuang.

My thoughts:

The Farm merupakan jenis buku yang memiliki premis menarik, tapi entah mengapa eksekusinya terasa berantakan dan kurang nendang. Ada kesan ingin menjadikan buku ini semacam thriller, apalagi pengalaman Jane dan teman-temannya di Golden Oaks, dengan aturan ketat dan klien misterius, seolah menjanjikan adanya plot konspirasi rahasia, kegiatan ilegal dan ending yang mengejutkan. Tapi entah mengapa, Ramos seolah enggan membawa The Farm ke arah sana, dan hanya menggantungkan plot tersebut setengah hati.

Yang ada, The Farm jadi terasa setengah matang. Thriller bukan, science fiction juga bukan. Kisah imigrannya memang menarik, dan banyak sisi moral dan etika bisnis yang dibahas di sini. Tapi yang mengejutkan, endingnya menurut saya kok malah tidak memihak pada kaum imigran ya… Apakah ini cara Ramos membuat cerita yang lebih realistis? Atau justru satire dan ingin menyindir sistem di Amerika yang saat ini sangat tidak berpihak pada imigran?

Entahlah. Yang pasti, buku ini menurut saya kurang kena dengan harapan saya. Tapi mungkin juga karena ini memang novel debut Ramos, yang sebelumnya berprofesi di bidang ekonomi dan finansial.

Submitted for:

Kategori: A book by a WOC