Tags

, , , , , , , ,

Judul: Geek Love

Penulis: Katherine Dunn

Penerbit: Vintage Contemporary Edition (2002)

Halaman: 348p

Beli di: @therebutforthebooks (IDR 120k)

Keluarga Binewski bukanlah keluarga biasa. Papa dan Mama Binewski merupakan visioner yang berambisi menjadi keluarga sirkus paling sukses dan terkenal di seantero Amerika Serikat. Tidak tanggung-tanggung, saking berambisinya, mereka memiliki metode tertentu untuk memastikan semua anak yang mereka lahirkan memiliki keunikan yang bisa menjadi aset besar sirkus mereka.

Arturo the Aquaboy lahir dengan sirip alih-alih tangan dan kaki, mengingatkan saya akan Deni si Manusia Ikan 🙂 Namun kelebihan utama Arturo adalah kharismanya yang luar biasa, mampu memengaruhi orang hingga ia memiliki serombongan groupies yang kerap mengikutinya saat sirkus berpindah-pindah dari satu kota ke kota lainnya.

Si kembar siam Iphy dan Elly selalu ditunggu-tunggu penampilannya, bukan saja karena duet piano mereka yang menakjubkan, tapi lebih karena kecantikan mereka yang terlihat makin menonjol dengan kondisi tubuh mereka yang unik.

Narator kisah ini, Oly, dianggap kurang memuaskan karena nyaris terlihat normal dibandingkan saudara-saudaranya, kalau saja ia tidak memiliki punuk di punggungnya serta kondisi albino yang membuatnya terlihat agak seperti bagian dari kisah horror. Namun, Oly merasa ia tidak memiliki bakat apapun seperti saudara-saudaranya.

Sedangkan anak termuda keluarga mereka, Chick, terlihat amat sangat normal seperti anak laki-laki pada umumnya, namun ternyata menyimpan kekuatan paling luar biasa yang membuat saudara-saudaranya (terutama Arturo) merasa terancam.

Kisah dimulai dengan narasi Oly yang sudah menginjak usia dewasa, ia tinggal di rumah kos dengan ibunya, Lil, yang sudah dementia dan tidak mengenali Oly sebagai anaknya, serta Miranda, pelukis muda yang -menurut Oly- adalah anak perempuannya namun tidak mengetahui fakta tersebut.

Bagaimana sampai Oly tiba di situasi itu? Di mana anggota keluarganya yang lain?

Oly perlahan-lahan membawa kita menelusuri kisah keluarga Binewski, dari sejak awal terbentuknya sirkus hingga menjadi salah satu atraksi paling terkenal di zamannya. Dari sana sedikit demi sedikit Oly juga membuka kisah kelam yang mengakibatkan kejatuhan keluarga Binewski. Sementara itu, Oly berusaha berdamai dengan masa lalunya dan ingin memastikan Miranda memiliki kehidupan yang lebih baik.

Geek Love adalah buku yang padat, dengan cerita penuh detail tentang salah satu keluarga teraneh yang pernah saya temui di dunia fiksi. Gaya penuturan Katherine Dunn kadang terasa agak lambat, dengan pilihan kata dan kalimat pretensius yang banyak memiliki makna filosofis. Saya sendiri cukup lama menamatkan buku ini karena ada beberapa bagian yang memerlukan waktu lebih untuk dicerna.

Namun kepiawaian Dunn mengolah kisah drama keluarga dysfunctional di sini memang patut diacungi jempol. Emosi saya ikut teraduk-aduk karena saya tidak memiliki satu karakter yang benar-benar saya sukai, semuanya memiliki porsi menyebalkan yang sama, yang membuat saya gemas sekaligus kasihan dengan mereka, terutama anak-anak yang tidak memiliki pilihan dilahirkan seperti kondisi mereka.

Saya memilih buku ini untuk Popsugar Challenge untuk kategori Seven Deadly Sins, dan saya benar-benar menemukan banyak sekali contoh dosa-dosa tersebut di buku ini. Ada Arturo, dengan jealousy dan pride nya, selalu ingin jadi yang utama, semacam memiliki megalomania sindrom yang mengerikan. Kemudian si kembar yang memanfaatkan kondisi tubuh mereka untuk memuaskan lust orang-orang yang penasaran, dan juga Papa dengan greed nya, selalu ingin sirkus mereka menjadi yang lebih dan lebih lagi, bahkan mengorbankan anak-anaknya untuk itu.

A great, albeit difficult read, about humanity and how close we are to create our own doom.

Submitted for:

Kategori: A book featuring one of the seven deadly sins