Tags

, , , , , , , ,

Judul: Our House

Penulis: Louise Candlish

Penerbit: Simon & Schuster (2019)

Pages: 435p

Beli di: @BaliBooks (IDR 85k)

Suatu hari, Fi pulang ke rumahnya di daerah suburban London dan mendapati sesuatu yang tak masuk akal: ada keluarga baru yang sedang pindah ke rumahnya! Padahal, Fi tidak pernah berencana menjual rumahnya. Apa yang terjadi? Lebih parah lagi, Bram, mantan suaminya, menghilang entah ke mana.

Memang, Fi dan Bram bukanlah keluarga biasa. Setelah berpisah, mereka memutuskan tetap menjadikan rumah mereka sebagai basis kehidupan rumah tangga, sekaligus tempat tinggal anak-anak mereka. Hal ini adalah pengaturan yang kerap dilakukan oleh keluarga modern yang bercerai, untuk menghindari ketidakstabilan anak-anak pasca perceraian orang tua mereka.

Maka, Fi dan Bram mengatur hari-hari mereka, saat Fi tinggal di rumah bersama anak-anak, maka Bram tinggal di flat yang tidak jauh dari rumah mereka. Dan saat giliran Bram tinggal bersama anak-anak, maka Fi lah yang tinggal di flat tersebut.

Pengaturan ini berjalan cukup lancar, sampai pada saat Fi pulang ke rumah dan mendapati rumah itu bukan lagi miliknya, Bram menghilang tanpa jejak dan ia bahkan tidak mengerti apa yang sedang terjadi. Tiba-tiba saja Fi terlibat di tengah skandal yang melibatkan masa lalu mantan suaminya, penipuan kejam dan kriminal yang tidak disangka-sangka.

Our House merupakan kisah thriller domestic yang cukup lumayan premisnya, tetapi eksekusinya ternyata dibuat agak terlalu rumit dari yang semestinya. Banyak segi legal yang dibahas di sini sangat spesifik terhadap hukum di Inggris, sehingga awalnya agak sulit untuk saya mengikuti ke mana jalan cerita akan dibawa. Sebelumnya, saya berharap kisah Our House lebih seperti kisah thriller domestik biasa: skandal perselingkuhan, konflik suami istri yang berujung pada kisah suspense yang menegangkan. Namun ternyata Our House lebih berkutat pada konflik rumah tangga dengan unsur legal yang lumayan kental, meski masih ada intrik misteri dan suspense yang lumayan terasa di beberapa bagian.

Our House juga sangat kental dengan budaya masyarakat suburban Inggris yang menjadikan rumah sebagai aset yang paling berharga, bahkan ketika mereka tidak banyak memiliki aset uang tunai.

Ini adalah pengalaman pertama saya membaca buku karya Louise Candlish, dan penyampaiannya termasuk menarik, meski agak terasa cukup banyak pengaruh setipe Gone Girl, di mana chapter ditulis berselang-seling antara Fi dan Bram, menyuguhkan kita dengan fakta-fakta baru yang terasa mengejutkan bila dilihat dari sudut pandang lain.

Submitted for:

Kategori: A book with an upside-down image on the cover