Tags

, , , , , , ,

Judul: The Golden Tresses of the Dead

Penulis: Alan Bradley

Penerbit: Delacorte Press (2019)

Halaman: 327p

Beli di: Periplus.com (IDR 42,500)

Tidak terasa, serial Flavia de Luce sudah mencapai buku ke 10! Rasanya masih ingat saat saya pertama kali bertemu dengan Flavia dan terkagum-kagum oleh kejeniusannya memecahkan misteri.

Banyak yang sudah terjadi dalam hidup Flavia selama 10 buku ini, termasuk kematian ayahnya dan sedikit kejelasan tentang misteri ibunya yang menhilang.

Di buku ini, Flavia kembali dihadapkan pada perubahan dalam keluarganya. Kakak tertuanya, Feely, menikah dan akan bepergian ke luar negeri dalam waktu yang cukup lama.

Namun, insiden terjadi saat resepsi pernikahan: ditemukan sepotong jari manusia di dalam wedding cake! Flavia -yang kini berkolaborasi dengan mantan asisten ayahnya, Dogger- langsung menyambar misteri itu dengan bersemangat. Belum lagi mendapat kejelasan, mereka sudah didatangi seorang klien baru, Mrs. Prill, yang mengaku kehilangan surat-surat pribadinya- dan secara mengejutkan, ia terbunuh tak lama setelah berkonsultasi dengan Flavia dan Dogger. Adakah hubungan antara misteri jari dalam kue dan meninggalnya Mrs. Prill?

Misteri yang awalnya sederhana ini ternyata menyimpan sesuatu yang lebih besar dan gelap, yang melibatkan beberapa orang penting si Bishop’s Lacey. Namun apakah Flavia dan Dogger cukup mampu mengungkap kasus kolaborasi pertama mereka?

Terus terang, buku ini tidak semenggigit beberapa buku Flavia sebelumnya. Misterinya agak terlalu berputar-putar, dengan beberapa pertanyaan yang masih tak terjawab di bagian akhir buku (saya bahkan masih tidak yakin apa alasan utama Mrs.Prill harus dilenyapkan). Selain itu, chemistry antara Dogger dan Flavia (yang biasanya bekerja sendiri), juga agak terlihat canggung di beberapa bagian. Flavia seolah terlihat menahan diri karena berusaha mendapat persetujuan dari Dogger. Padahal dia masih setajam biasanya.

Mungkin ini adalah pemanasan dari awal mula kolaborasi Flavia dan Dogger- dan saya berharap ini bukan menjadi buku Flavia yang terakhir. Alan Bradley sendiri sudah mengungkapkan niatnya untuk mengurangi produktivitas buku Flavia (dengan alasan umur dan kesehatan), meskipun belum menyatakan akan mengakhiri serial ini. Semoga saja ia masih akan produktif menghasilkan beberapa kisah lanjutan Flavia de Luce yang tak pernah membosankan ini.

Let’s hope for more juicy Flavia stories coming up in the future!!

Submitted for:

Kategori: A book with “gold,” “silver,” or “bronze” in the title