Tags

, , , , , , ,

Judul: The Snowman

Penulis: Jo Nesbo

Penerbit: Vintage Crime/ Black Lizard (2016 edition)

Halaman: 516p

Beli di: Better World Books (USD 6.48)

Buku ketujuh serial Harry Hole ini mungkin adalah yang paling terkenal dan kontroversial, bahkan disebut sebagai salah satu buku terbaik karya Jo Nesbo.

Saya sendiri masih terbagi, antara setuju dan tidak. Setuju, karena buku ini adalah salah satu yang paling kuat mengupas tuntas karakter Harry, dan memiliki unsur perkembangan karakter yang paling dominan dibandingkan buku-buku sebelumnya. Namun di lain pihak, beberapa bagian dari buku ini agak terlalu bertele-tele, dengan twist yang cukup mudah tertebak dari mulai pertengahan buku, sampai red herring yang terlalu banyak sehingga mengganggu ketegangan kisah secara keseluruhan.

Untuk pertama kalinya, Harry Hole berhadapan dengan pembunuh berantai di negara kelahirannya sendiri, Norwegia, yang nyaris tidak pernah mengalami kasus pembunuhan berantai sepanjang sejarah berdirinya negara tersebut.

Pembunuh yang dijuluki Snowman ini mengincar perempuan yang sudah menikah dan memiliki anak, dan pembunuhan selalu dilakukan di musim dingin saat salju sedang turun, ditandai dengan sosok boneka salju yang selalu ia tinggalkan di TKP.

Harry merasa pembunuh berantai ini mengenalnya secara personal, karena ia sempat menerima surat tantangan dari si Snowman yang seolah langsung menunjuknya sebagai lawan utama dalam permainan ini. Sementara itu, kehidupan pribadi Harry tidak membuat keadaan bertambah mudah- hubungannya yang rumit dengan Rakel, mantan kekasihnya, serta staff baru di timnya, Katerine Bratt yang misterius, kadang mengganggu fokus Harry yang kerap kali sulit memisahkan kehidupan personal dengan pekerjaannya.

Di buku ketujuh ini, Nesbo seolah bersenang-senang dengan Harry Hole, mengembangkan karakter ciptaannya itu ke arah yang ia mau, tapi tanpa terlalu kehilangan fokus pada jalan cerita, meski menurut saya, tetap ada bagian-bagian yang bisa dipersingkat dan dihilangkan dari buku ini.

Bagaimanapun, The Snowman merupakaan sebuah titik tolak baru dari Harry Hole, yang pastinya akan mempengaruhi kisah-kisah selanjutnya. Kudos to Nesbo, yang bisa menjaga ritme dan konsistensi serial ini tanpa kehilangan momentum yang berarti.

Submitted for:

Kategori: A book recommended by your favorite blog, vlog, podcast, or online book club (@crimebythebook)