Tags

, , , , , , , ,

Judul: The Halloween Tree

Penulis: Ray Bradbury

Penerbit: Yearling (2001, first published in 1972)

Halaman: 145p

Beli di: Better World Book (USD 5.48)

Semoga belum terlalu terlambat posting buku bertema Halloween, sementara sekarang sudah bulan November 🙂

The Halloween Tree berkisah tentang malam Halloween di suatu kota kecil di Amerika. Sekelompok anak laki-laki sudah amat bersemangat ingin menghabiskan malam penuh petualangan tersebut, lengkap dengan kostum mereka masing-masing, mulai dari tengkorak, mummy, sampai dewa kematian.

Namun ada satu yang kurang: sahabat mereka, Pip, tidak tampak di mana-mana. Padahal biasanya Pip lah yang paling bersemangat ber -trick or treat di malam Halloween. Ketika disambangi ke rumahnya, Pip nampak kurang sehat, dan menyuruh teman-temannya bertemu dengannya di rumah tua di pinggir kota.

Ketika anak-anak tersebut tiba di rumah tua angker di pinggir kota, bukan Pip yang mereka jumpai, melainkan sesosok makhluk aneh dan sedikit menyeramkan bernama Carapace Clavicle Moundshroud. Ia berjanji akan membawa mereka ke tempat Pip berada, meski mereka harus menempuh perjalanan yang berbahaya.

Dan mulailah petualangan hari Halloween yang tak terlupakan bagi mereka: menyusuri sejarah Halloween, melihat legenda dan mitos tentang kematian dari berbagai belahan dunia. Bagaimana penguburan dilakukan di Mesir, dewa-dewa kematian yang muncul dan disembah silih berganti di benua Eropa, serta asal muasal berbagai kostum yang mereka kenakan malam itu. Dan di sela-sela pengalaman menakjubkan tersebut, mereka selalu melihat Pip sekilas, namun tak pernah berhasil membawanya pulang, hingga di akhir perjalanan, ketika mereka harus mengambil sebuah keputusan penting yang akan mengubah hidup mereka- dan nasib Pip.

The Halloween Tree adalah buku klasik yang menyenangkan, pas banget dibaca bareng anak-anak menjelang Halloween. Kisahnya spooky tapi tidak terlalu menakutkan sampai bikin trauma (terutama buat orang penakut seperti saya, haha), dan unsur sejarah, legenda dan mitos di dalamnya benar-benar menambah pengetahuan tentang asal usul Halloween serta tradisi dan pandangan tentang kematian dari berbagai budaya.

Memang bahasanya sendiri (seperti juga buku Fahrenheit 451 yang pernah saya baca) terbilang cukup njelimet untuk ukuran buku anak-anak. Banyak deskripsi panjang dengan vocab yang lumayan susah, tapi sebenarnya cukup menarik juga untuk belajar kata-kata baru. Yang pasti, butuh kesabaran yang lumayan juga untuk menikmati buku ini, meski pada akhirnya kisahnya cukup enjoyable dan memorable.

Submitted for:

Category: A book about or set on Halloween

Advertisements