Tags

, , , , , , , ,

Judul: How to Find Love in a Bookshop

Penulis: Veronica Henry

Penerbit: Orion Books (2016)

Halaman: 322p

Beli di: @Balibooks (IDR 85k)

Nightingale Books adalah mimpi setiap pencinta buku. Terletak di kota kecil Costwold, toko buku ini merupakan tempat persinggahan para penduduk kota yang ingin mencari keajaiban dunia lain lewat koleksi bukunya yang luar biasa.

Setelah sang pemilik yang simpatik, Julius Nightingale, meninggal dunia, maka terserah puteri satu-satunya, Emilia, apakah ia mau meneruskan warisan ayahnya tersebut, atau menjual Nightingale Books dan melanjutkan hidupnya di tempat lain.

Dalam pergumulannya, Emilia bertemu dengan para penduduk kota yang selama ini memiliki ikatan khusus dengan toko buku ayahnya. Ada Sarah, pemilik Peasebrook Manor yang menyimpan rahasia besar tentang hatinya, Jackson yang sedang mengalami masalah dengan pasangannya dan berharap mendapat nasihat dari Emilia tentang dunia buku yang masih asing baginya, juga Thomasina, si pemalu yang tak disangka-sangka bertemu dengan seseorang di Nightingale Books yang akan mengubah hidupnya.

Memutuskan apa yang harus ia lakukan dengan Nightingale Books bukanlah sesuatu yang mudah bagi Emilia. Meski ia menyukai toko itu dan ingin menghargai warisan ayahnya, ternyata kondisi finansial Nightingale Books tidak baik, dan banyak yang harus dipertaruhkan oleh Emilia jika ia ingin mempertahankan toko tersebut. Dengan bantuan beberapa kenalan barunya, Emilia pun masuk ke dalam perjalanan yang akan menentukan bukan saja hidupnya maupun keberlangsungan Nightingale Books, tapi juga hubungan antar penduduk di kota kecil mereka.

Saya bukanlah penggemar kisah romans, tapi saya selalu lemah kalau berhadapan dengan kisah romans yang memiliki setting buku atau toko buku.

Tidak ada yang terlalu istimewa dengan kisah Emilia dan Nightingale Books- sedikit klise malah, bagaimana cara mempertahankan toko buku di tengah dunia yang sudah tidak lagi menempatkan buku sebagai prioritas utama, dan bagaimana dalam perjalanan tersebut ia bertemu dengan beragam orang yang akan memengaruhi kehidupannya.

Karakter-karakter dalam buku ini juga tidak terlalu memorable. Tidak ada yang terlalu berkesan, dan meski ada beberapa subplot kisah romans di sini, tidak ada yang benar-benar bisa membuat saya rooting for a specific couple.

Namun Veronica Henry berhasil menciptakan atmosfer yang hangat melalui Nightingale Books, lengkap dengan detail tentang buku-buku, dan yang tak kalah menarik, segi-segi bisnis dalam menjalankan toko buku, satu hal yang seringkali dilupakan oleh penulis yang mengambil setting toko buku untuk ceritanya. Dalam buku ini, kita seolah diajak untuk berandai-andai bagaimana bila kita diberi kesempatan untuk mengelola toko buku. Tidak semuanya mudah dan indah, mengingat toko buku juga merupakan bentuk bisnis yang penuh detail rumit seperti neraca keuangan dan profit. Dan karena Emilia juga buta mengenai hal-hal ini, seru juga belajar bersama-sama dia tentang bagaimana mengelola toko buku. Siapa tahu suatu saat nanti kita mendapat kesempatan yang sama dengannya 😀

How to Find Love in a Bookshop saya rekomendasikan untuk yang menyukai kisah sejenis seperti The Storied Life of AJ Fikry, The Little Paris Bookshop atau The Bookshop on the Corner. A sweet, bookish story that celebrates books, love, and booklovers.

Submitted for:

Category: A book that involves a bookstore or library