Tags

, , , , , , , , ,

Judul: One of Us is Lying

Penulis: Karen M.Mcmanus

Penerjemah: Angelic Zaizai

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2017)

Halaman: 408p

Borrowed from: Ferina

Lima murid secara tak terduga masuk kelas detensi di Senin sore akibat pelanggaran yang mereka semua sangkal.

Bronwyn: jenius sekolah, nilai selalu sempurna dan (setahu orang-orang) tidak pernah melanggar peraturan.

Addy: cewek populer tipikal film seri remaja, dengan pacar yang tak kalah populer namun memang suka posesif.

Nate: pecundang sekolah, tidak ada yang heran ia masuk kelas detensi, meski ia berkeras kali ini ia tidak bersalah.

Cooper: atlet asal negara bagian Selatan, masa depan cerah namun ia memiliki rahasia yang tidak diketahui siapapun.

Simon: sumber gosip terdepan di sekolah, pencipta aplikasi gosip yang dibenci dan ditakuti oleh semua warga Bayview High.

Kejutannya: sebelum detensi berakhir hari itu,Simon tewas. Dan itu bukan kecelakaan. Yang lebih parah, polisi menemukan draft artikel yang belum terbit, yang berisi gosip terheboh dari keempat rekan Simon di ruang detensi. Semuanya tentu mengaku tak bersalah. Tapi.. kenyataan berkata lain. Tentu ada satu orang yang berbohong. Siapakah dia?

Membaca buku ini rasanya seperti menonton film Breakfast Club dengan unsur horor pembunuhan ala film Scream. Entah kenapa mengingatkan saya dengan nuansa tahun 90an 😀

Mungkin karena itu juga saya jadi bisa menikmati kisah One of Us is Lying. Ceritanya familiar tapi untungnya tidak terlalu terjebak pada prediktabilitas. Masih ada unsur kejutan tak terduga yang berhasil diselipkan di dalamnya. Memang ada beberapa twist yang terlalu fantastis, tapi secara keseluruhan masih ok dan bisa diterima.

Saya sendiri senang dengan penggambaran para karakter di dalamnya, yang awalnya memang terlihat tipikal, namun semakin ke belakang menyimpan rahasia dan sisi lain yang cukup menarik untuk diikuti. Perkembangan karakternya dibuat berlapis-lapis sehingga tanpa sadar kita jadi peduli dengan mereka, bahkan yang terlihat tanpa harapan seperti Addy si cewek populer atau Nate si berandal. Kisah cinta antar karakternya juga tidak terlalu cheesy seperti buku YA pada umumnya, dan tidak membuat unsur ketegangan dan misteri buku ini terlupakan.

Karen Mcmanus adalah nama baru di dunia buku, dan ternyata bisa memikat saya lewat buku young adult bergenre misteri yang berhasil ditulis dengan menyegarkan. Tak sabar untuk melihat hasil karyanya yang berikut!

Terjemahan buku ini juga terbilang cukup baik, sudah agak lama juga saya tidak membaca buku YA terjemahan, tapi ternyata bisa langsung masuk tanpa rasa kagok.

Submitted for:

Category: A book you borrowed or that was given to you as a gift