Tags

, , , , , , , , ,

Judul: The Other Boleyn Girl

Penulis: Philippa Gregory

Penerbit: Touchstone (2001)

Halaman: 661p

Beli di: Reading Lights Bandung (IDR 50k)

Mary Boleyn adalah anak dari keluarga terpandang yang tinggal di lingkungan istana saat masa pemerintahan Raja Henry VIII. Ketika ia berusia remaja, Raja Henry menaruh perhatian padanya dan menjadikannya wanita simpanan. Mary yang polos hanya memikirkan cintanya pada sang Raja dan bagaimana membahagiakan idolanya tersebut. Namun di balik itu, keluarga Mary tidak tinggal diam, dan menjadikannya alat untuk mencapai ambisi mereka: menjadi keluarga nomor satu di Inggris.

Saat ambisi Mary dinilai tak sesuai harapan, keluarga Boleyn masih menyimpan senjata rahasia: Anne Boleyn, kakak perempuan Mary yang jauh lebih berambisi, cerdik, cantik namun sekaligus licik. Anne menggusur kedudukan Mary dan bertekad bukan hanya akan menjadi perempuan simpanan raja- namun langsung menjadi permaisurinya, tidak peduli saat itu sudah ada sang Ratu yang duduk di singgasana.

Kisah kerajaan Inggris selalu menarik untuk diikuti, apalagi yang terjadi saat masa kekuasaan Tudor seperti Henry VIII. Penuh intrik, konflik dan drama yang tak putus-putusnya, kisah-kisah keluarga kerajaan ini benar-benar cocok untuk diangkat ke novel. Ini adalah pengalaman pertama saya membaca karya Philippa Gregory-setelah mendengar banyak pujian dan membaca review bagus di berbagai media- dan ternyata dia memang layak dipuja-puja! Buku tebal lebih dari 500 halaman ini berhasil saya lahap dalam waktu yang terbilang singkat, karena memang disajikan dengan seru, penuh bumbu drama yang membuat penasaran.

Saya rooting for Mary, karena dia seperti saudara yang dianaktirikan. Namun lega sekali saat ia memutuskan untuk mengambil alih nasibnya sendiri dan tidak bergantung pada keluarganya yang gila. Saya membenci Anne di sebagian besar cerita, karena di sini ia memang lebih ditonjolkan sebagai perempuan yang bitchy. Namun di akhir kisah, sedikit simpati berhasil saya dapatkan untuknya.

Penggambaran karakter di buku ini -meski amat berlimpah- terasa mudah untuk diikuti, walaupun lumayan banyak nama yang mirip satu sama lain. Pace-nya juga pas, sebagai buku historical fiction, tetap banyak fakta yang dimasukkan, namun unsur dramanya membuat kisah keluarga Boleyn ini jauh dari membosankan.

Dan saya jatuh cinta dengan William Stafford! Tokoh yang muncul diam-diam dan berhasil memikat hati say πŸ˜€ The romance part is definitely worth to read (even for a romance hater like me, haha)

Saya sendiri belum pernah menonton film The Other Boleyn Girl, yang diperankan oleh Scarlet Johansen dan Natalie Portman. Tapi setelah melihat beberapa cuplikannya di Youtube, sepertinya filmnya masih bisa menangkap kesan bukunya dengan cukup baik. Banyak yang mengkritik cara Philippa Gregory menyampaikan kisah keluarga Boleyn dan Raja Henry VIII, karena dianggap terlalu jauh melenceng dari sejarah. Tapi menurut saya sih namanya juga historical fiction, ya pastilah unsur fiksinya dibuat cukup menonjol untuk memberikan bumbu pada kisah sejarahnya πŸ˜€

 

Dinasti Tudor

Dinasti Tudor adalah salah satu dinasti (wangsa/house) yang cukup lama memerintah Inggris, hingga lebih dari 1 abad. Masa Tudor dimulai dari Henry VII dan diakhiri oleh Ratu Elizabeth I, yang memang tidak memiliki keturunan.

Salah satu yang paling terkenal dari masa Tudor adalah pemerintahan Henry VIII, yang pertama kalinya mendirikan gereja Anglikan, terpisah dari Katolik Roma, dan mengizinkan perceraian karena ia ingin menikahi Anne Boleys. Henry VIII memiliki total enam orang istri, dengan kisah dan tragedi yang penuh drama.

Submitted for:

Category: A novel based on a real person

 

 

Advertisements