Tags

, , , , , , ,

Judul: Eleanor Oliphant is Completely Fine

Penulis: Gail Honeyman

Penerbit: HarperCollinsPublishers (2017)

Halaman: 385p

Beli di: Periplus.com (IDR 109,500)

Pasti sangatlah sulit menulis kisah dengan narator yang unik, memiliki banyak flaws, namun bisa tetap disukai. Dan lebih sulit lagi menulis kisah dengan narator yang ingin kita jadikan teman baik, bahkan setelah ia melakukan hal-hal menyebalkan yang membuat kita menepok jidat saking gemasnya.

Tapi itulah yang berhasil dilakukan Gail Honeyman dengan gemilang lewat buku debutnya ini. Somehow, Gail berhasil menciptakan tokoh Eleanor Oliphant yang awalnya membuat bingung dan bahkan sebal, namun sedikit demi sedikit menimbulkan simpati bahkan rasa sayang dari pembacanya.

Eleanor tinggal sendirian di apartemen kecilnya di kota Glasgow. Ia menjalani rutinitas hariannya (bekerja sebagai akuntan di kantornya, belanja di Tesco, menonton acara dokumenter di TV, pergi ke terapis) tanpa ada seorang pun yang menjadi temannya. Kadang Eleanor bisa tidak bicara dengan siapapun sepanjang akhir pekan, dan pita suaranya seperti serak saat ia menggunakannya kembali di hari Senin.

Masa lalu Eleanor sangat misterius, ada kejadian tragis yang mempengaruhi hidupnya hingga ia menjadi sosok Eleanor yang sekarang ini, yang terisolasi dari dunia luar dan seperti tidak membutuhkan orang lain sama sekali. Namun alih-alih terjebak dengan kisah misteri ala unreliable narrator, Gail justru menggunakan kisah misteri Eleanor sebagai alat untuk kita lebih mengenal dan peduli padanya.

Hidup Eleanor berubah saat ia menonton suatu konser band dan jatuh cinta dengam vokalisnya. Ia bertekad akan mengenal vokalis itu dan menjadikan pasangan hidupnya. Maka dimulailah proyek baru Eleanor, yang melibatkan kejadian konyol, seru namun sangat relatable, seperti kunjungannya ke tempat waxing atau usahanya melakukan makeover. Karena tidak memiliki emosi alias datar, tanggapan Eleanor terhadap setiap kejadian memang jadi campuran antara kasihan, lucu dan miris.

Namun selama melakukan proyeknya, Eleanor justru dikejutkan oleh berbagai pengalaman tak terduga yang ia alami, orang-orang baru yang ia jumpai yang ternyata bisa menjadi temannya. Dan sedikit demi sedikit ia mulai menyadari kalau hidup sendirian dan tak butuh orang lain itu tak selamanya enak. Dan sebagai manusia, wajar saja bila ia membutuhkan orang lain dalam hidupnya.

Eleanor Oliphant is Completely Fine adalah sebuah kisah bersahaja yang sederhana, tidak over the top, dengan plot yang biasa saja, namun berhasil ditulis dengan amat baik, dengan indah, dengan pas, sehingga di akhir buku, saya hanya ingin yang terbaik untuk Eleanor dan berharap bisa berteman dengannya.

Buku ini adalah kejutan yang menyenangkan buat saya, karena biasanya saya kurang cocok dengan gaya penulis Inggris (atau Scottish kalau di sini) yang serba suram, kering dan lambat. Namun entah kenapa Gail Honeyman sama sekali tidak masuk ke stereotipe tersebut. Padahal kisah Eleanor berpotensi kuat menjadi kisah yang suram dan lambat, apalagi hanya berfokus pada satu karakter dengan tingkat depresi tinggi.

Satu hal lagi: Gail Honeyman adalah contoh nyata dari pepatah klise tidak ada kata terlambat dalam mengejar mimpi. Ia menulis novel pertamanya setelah merayakan ulang tahun ke-40, dan sejauh ini Eleanor Oliphant sudah memenangkan berbagai penghargaan termasuk Costa Award yang bergengsi. Jadi… nothing is impossible, and age is just a number!

The Movie?

Berita baiknya, perusahaan baru Reese Witherspoon, Hello Sunshine, yang memang spesialisasi produksi film dari adaptasi novel, sudah membeli hak buku ini untuk dijadikan film. Rata-rata film yang diproduksi oleh Hello Sunshine menuai sukses dan meski diadaptasi dari novel, jarang mendapat kritikan tajam seperti kebanyakan film berbasis buku pada umumnya. Mungkin karena Reese memang seorang kutu buku (yang juga memiliki bookclub beken di Instagram), yang tidak rela buku favoritnya dirusak saat diangkat ke layar lebar. Way to go, Reese!

Submitted for:

Category: A book from a celebrity book club

 

Advertisements