Tags

, , , , , , , , , , ,

Judul: The Ghosts of Tupelo Landing

Penulis: Sheila Turnage

Penerbit: Puffin Books (2014)

Halaman: 352p

Beli di: Kinokuniya Ngee Ann City (SGD 14.45)

Mo and Dale are back!!!

Setelah mengikuti petualangan mereka yang seru di buku sebelumnya, kini kita diajak untuk kembali menghadapi misteri yang tak kalah menarik di buku kedua serial ini.

Mo dan Dale yang membentuk Desperado Detectives mendapatkan kasus terbaru saat Miss Lana (ibu angkat Mo) membeli penginapan tua yang dilelang di kota kecil tempat tinggal mereka, Tupelo Landing. Masalahnya, penginapan tersebut dihantui oleh sesosok makhluk halus yang keberadaannya amat misterius namun sudah terkenal di mana-mana.

Mo dan Dale menyelidiki jauh ke masa lalu para penduduk Tupelo Landing, untuk menyibak asal usul hantu mereka, yang disinyalir merupakan anak perempuan yang tinggal di Tupelo Landing bertahun-tahun lalu dan meninggal secara tragis.

Yang lebih seru lagi, Mo dan Dale sudah sesumbar pada teman-teman sekelas mereka, bahwa untuk tugas pelajaran sejarah mewawancarai penduduk Tupelo Landing, mereka akan mewawancarai sang hantu!

Di sela-sela penyelidikan, tentu banyak pihak-pihak lain yang berkepentingan terhadap penginapan tua serta misteri yang tersimpan di dalamnya, dan mereka berusaha menjegal Mo dan Dale. Kedua detektif kita juga mendapatkan teman (atau musuh?) baru, anak laki-laki bernama Harm yang tiba-tiba muncul di Tupelo Landing.

Secara keseluruhan, buku kedua ini masih tetap seru, kocak dan menarik seperti pendahulunya. Namun, tidak seperti buku pertama yang murni merupakan kisah detektif, di buku kedua ini Sheila Turnage bermain-main dengan unsur supernatural dan menambahkan plot kisah hantu yang sedikit berbeda. Jadi jangan kaget kalau penyelesaian misterinya pun tidak seperti yang dibayangkan.

Setting kota kecil Tupelo Landing terasa amat familiar, dengan tokoh dan karakter yang digali makin dalam sehingga kita semakin mengenal para penduduk kota ini. Namun ada juga beberapa karakter baru yang tak kalah unik dan menggugah rasa ingin tahu.

Yang juga masih dibahas adalah misteri keberadaan orang tua Mo- apakah ibunya masih hidup setelah terpisah darinya saat banjir bertahun-tahun yang lalu? Mo masih sering menulis surat untuk ibunya, namun di buku kedua ini ia memang lebih fokus pada keluarga Tupelo Landing yang sudah dianggapnya sebagai rumahnya sendiri.

Buku selanjutnya, The Odds of Getting Even, sudah terbit dan melanjutkan petualangan seru Desperado Detectives yang tidak ada habisnya 🙂

PS: Yang saya suka juga dari serial ini adalah covernya yang very very collectible 😀

Submitted for:

Kategori : Children Literature