Tags

, , , , , , ,

Judul: The Mystery of The Clockwork Sparrow

Penulis: Katherine Woodfine

Penerbit: Egmont (2015)

Halaman: 314p

Beli di: Big Bad Wolf Jakarta (IDR65k)

Sophie Taylor merasa amat beruntung karena bisa mendapatkan pekerjaan di Sinclair’s, department store yang baru akan buka di kota London, dan digadang-gadang sebagai toko yang paling besar, paling lengkap, dan paling mewah di kota tersebut.

Sayangnya, menjelang pembukaannya, Sinclair’s ditimpa masalah karena terjadi perampokan misterius. Barang yang dicuri adalah Clockwork Sparrow, hiasan jam antik yang merupakan koleksi pribadi Mr. Sinclair, sang pemilik toko, yang tadinya akan menjadi bagian dari eksibisi pada acara grand opening.

Celakanya, Sophie merupakan orang terakhir yang melihat Clockwork Sparrow sebelum benda tersebut hilang digondol perampok. Kecurigaan terhadap dirinya menyebabkan posisi Sophie sebagai pegawai Sinclair’s terancam, padahal ia amat membutuhkan pekerjaan tersebut untuk bertahan hidup sepeninggal Ayahnya.

Untunglah, teman-teman Sophie yang juga bekerja di Sinclair’s, Lilian dan Billy, serta sosok pemuda misterius yang sering berkeliaran di sekitar toko, Joe, bersedia membantu Sophie untuk membersihkan namanya dari kecurigaan, sekaligus berusaha memecahkan misteri Clockwork Sparrow yang ternyata menyimpan rahasia rumit tak terduga.

Buku ini merupakan kisah pertama dari serial misteri Sinclair’s, ditujukan lebih untuk pembaca Young Adult dengan mengambil setting kota London di era Victoria. Yang paling menyenangkan adalah penggambaran karakter-karakter perempuan dalam buku ini, duet Sophie dan Lil yang mendobrak stereotype peran perempuan di era tersebut. Misterinya sendiri disajikan dengan cukup decent, menghadirkan beberapa red herring dan twist and turn yang cukup mengundang kejutan, serta adrenalin di sana-sini yang lumayan mendebarkan.

Katherine Woodfine melakukan riset yang cukup menyeluruh untuk setting kisahnya, termasuk mengenai budaya, pakaian, suasana kota London dan kondisi sulit bagi perempuan di zaman tersebut. Salah satu daya tarik utama buku ini tentu saja adalah Sinclair’s sendiri, department store yang dikisahkan menjadi cikal bakal toko modern masa depan. Menjual segala jenis kebutuhan dan menawarkan beragam pengalaman (dari mulai jamuan teh mewah sampai peragaan busana menakjubkan), Sinclair’s layaknya mimpi yang menjadi kenyataan.

Satu lagi yang saya suka: covernya yang cute banget dan ilustrasi di dalam buku ini yang membuat kisahnya makin semarak.

Sinclair’s Mysteries

Rencananya, Sinclair’s Mysteries akan menjadi serial kuartet yang terdiri dari empat buku. Berikut urutan judulnya:

  1. The Mystery of the Clockwork Sparrow
  2. The Mystery of the Jewelled Moth
  3. The Mystery of the Painted Dragon
  4. The Mystery of the Midnight Peacock

Seluruh kisahnya mengambil setting di Sinclair’s Department Store, dengan tokoh-tokoh utama yang masih sama di sepanjang serial. Beberapa isu sosial seperti isu hak memilih untuk perempuan juga dimasukkan oleh Woodfine di salah satu bukunya. Dan misteri besar tentang siapa yang menjadi dalang di balik kejahatan buku pertama (yang sepertinya masih menyambung dengan kisah-kisah selanjutnya) juga akan diungkap di buku terakhir 🙂 Recommended read!

Collectible banget covernya!

Submitted for:

Kategori : Young Adult Literature

Advertisements