Tags

, , , , , , ,

Judul: Crazy Rich Asians (Kaya Tujuh Turunan)

Penulis: Kevin Kwan

Penerjemah: Cindy Kristanto

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2016)

Halaman: 480p

Beli di: HobbyBuku ( IDR 105k, disc 20%)

Rachel Chu, dosen ekonomi di NYU adalah gadis Amerika keturunan China yang merupakan anak dari seorang imigran. Ia berpacaran dengan Nick Young, sesama dosen di NYU yang berasal dari Singapura namun sudah lama tinggal di Amerika.

Hubungan mereka tampak normal, tenang dan menyenangkan. Namun satu hal yang Rachel tidak tahu: Nick adalah putra tunggal calon pewaris kekayaan maha hebat dari salah satu keluarga paling kaya, paling tua, dan paling berpengaruh di Singapura.

Karena itulah Rachel tidak memiliki ekspektasi apa pun saat Nick mengajaknya menghabiskan liburan musim panas di Singapura, sekaligus menghadiri pesta pernikahan sahabat masa kecil Nick. Namun kejutan besar menanti Rachel saat ia menyaksikan langsung berbagai hal yang dalam mimpi pun tidak pernah ia bayangkan: pesawat jet pribadi, pulau pribadi, pesta spektakuler, gadis-gadis dengan belanjaan barang bermerek yang harganya melebihi rumah, dan tentu saja- intrik politik keluarga yang super seru sekaligus kejam!

Rachel juga bertemu dengan beragam karakter menarik, mulai dari nenek Nick yang misterius, ibunya yang selalu memiliki rencana-rencana mengerikan, gadis-gadis saingan yang rela mencakar dan menyerang demi mendapatkan Nick, serta sepupu Nick, sosialita yang ternyata menyimpan banyak rahasia.

Juicy, seru, fast paced- itu adalah beberapa kesan yang saya dapatkan saat membaca buku ini. Kevin Kwan sangat piawai menyusun berbagai intrik yang membuat gemas, penasaran dan deg-degan, dengan pola kejutan yang seringkali tidak bisa tertebak. Memang sih, beberapa subplotnya agak terlalu penuh drama bahkan menjurus cerita sinetron, namun research yang cukup mendalam dari Kwan membuat segalanya terasa lebih meyakinkan dan kelebayannya agak termaafkan. Favorit saya dalam buku ini adalah Astrid, sepupu Nick yang memiliki nama sama dengan saya šŸ™‚ Syukurlah karakternya tidak menyebalkan, dan cukup banyak dikupas dalam kisah ini maupun sekuelnya.

Tak heran buku ini sukses jadi best seller di mana-mana, dan mendapat predikat bacaan guilty pleasure bagi pembaca di seluruh dunia. Terutama sih di Asia, karena memang sangat dekat dan relatable dengan keseharian kita di sini!

The Movie

Seperti layaknya buku-buku best seller yang juicy dan menggiurkan, Hollywood akhirnya tergoda juga untuk mengangkat Crazy Rich Asians ke layar lebar. Saat ini film masih berada dalam tahap pasca produksi, namun sudah ada beberapa bocoran penting yang membuat semakin penasaran!

Film ini akan disutradarai oleh Jon M. Chu (tidak bersaudara dengan Rachel Chu, LOL), yang sebelumnya pernah menjadi sutradara film Step Up 2 dan Now You See Me 2. Chu bertekad akan stay true to the book, bahkan memilih cast yang semuanya merupakan bintang-bintang Asia atau keturunan Asia. Constance Wu sudah terpilih untuk memerankan Rachel Wu, sedangkan aktris senior Michelle Yeoh akan memerankan ibu Nick yang super menyebalkan, Eleanor Young.

Sepertinya Jon Chu juga sama seriusnya dalam memilih lokasi – terbukti dari beberapa postingan di social media yang menampilkan berbagai lokasi eksotik. Awww… Can’t wait for the movie to come out!!

 

Submitted for:

Kategori Ten Point: Buku Penulis Lima Benua (Asia)

Advertisements