Tags

, , , , , , ,

Judul: Whittington

Penulis: Alan Armstrong

Illustrator: S.D. Schindler

Penerbit: Yearling (2006)

Halaman: 208p

Beli di: Bras Basah, Singapura (thank you, Dewi!)

Sebuah lumbung milik lelaki tua bernama Bernie dipenuhi oleh berbagai binatang yang berasal dari tempat yang berbeda-beda. Bernie telah menyelamatkan mereka semua, termasuk pemimpin mereka, Lady si angsa. Binatang-binatang ini, meski tidak selalu akur (uhuk,uhuk, para tikus), berusaha untuk hidup berdampingan di dalam lumbung tersebut. Cucu Pak Tua Bernie yang bernama Abby dan Ben seringkali bermain bersama para binatang, bahkan bisa bercakap-cakap dengan mereka.

Suatu hari datanglah seekor kucing liar bernama Whittington, ia mengaku sebagai keturunan kucing Dick Whittington. Dick adalah tokoh legendaris yang merupakan kisah sukses seorang pemuda miskin menjadi tokoh kaya raya dengan bantuan kucingnya yang cerdik.

Whittington si kucing ingin sekali diterima di komunitas lumbung Bernie, dan untuk memperoleh keinginannya, ia bersedia bercerita tentang sejarah Dick Whittington, seperti yang dituturkan oleh para leluhurnya, dan bagaimana kucing kesayangan Dick berperan penting dalam kesuksesan hidupnya hingga menjadi orang kaya yang suka berbagi.

Sementara itu, ada sempalan kisah tentang Ben, cucu Bernie yang memiliki kesulitan membaca (disleksia), dan bagaimana para penghuni lumbung bahu-membahu membantu Ben supaya bisa mengatasi kesulitannya.

Whittington adalah buku middle grade yang berhasil membawakan tema yang cukup umum (sejarah tokoh Dick Whittington, disleksia, dll) dengan gaya penceritaan yang unik, yaitu menjadikan kucing sebagai naratornya – dan menyelipkan tokoh-tokoh binatang serta anak-anak yang bisa saling berinteraksi.

Kisahnya sendiri cukup memikat, meski awalnya agak membuat bingung- seperti realistic fiction tapi bercampur dengan fable atau fantasi dongeng, sehingga menimbulkan kesan yang tidak biasa. Tapi lama-lama, saya terpikat juga dengan gaya bercerita Whittington si kucing, dan kisah luar biasa Dick Whittington sang legenda. Dan tentu saja- di sela-selanya saya ikut bersemangat untuk Ben yang berusaha memerangi disleksianya.

Whittington bukanlah buku yang jelas-jelas merupakan kontender utama Newbery, namun dengan segala keunikan dan kebersahajaannya, justru berhasil menggaet penghargaan bergengsi tersebut.

Submitted for:

Category: A book with a cat on the cover

 

 

 

 

 

Kategori: Children Literature