Tags

, , , , , , , ,

Judul: Sang Putri dan Sang Pemintal

Penulis: Neil Gaiman

Ilustrasi: Chris Riddell

Penerjemah: Nina Andiana

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2017)

Halaman: 72p

Beli di: @HobbyBuku (IDR 52k)

Bagaimana bila Neil Gaiman, master of storytelling, bermain-main dengan dongeng yang sudah kita kenal, namun memberinya twist ending yang dark dan tak terduga?

Hasilnya adalah buku dongeng menakjubkan yang penuh kejutan. Dilengkapi dengan ilustrasi keren dari Chris Riddell, buku ini memiliki aura Gaiman yang kental.

Kisahnya merupakan gabungan dari Snow White dan Sleeping Beauty, tapi bukan Neil Gaiman namanya kalau tidak bisa memberi sentuhan yang tidak biasa.

Seribu tahun silam, penyihir jahat mengutuk putri raja cilik yang cantik. Di usia 18, sang putri aka  tertusuk pemintal yang membuatnya tidur selamanya. Sampai ada pangeran menyelamatkannya dan membangunkannya dari tidur abadi.

Tapi menurut Neil Gaiman, “Saya tidak begitu suka dengan cerita yang wanita-wanitanya diselamatkan pria.”

Maka hadirlah Ratu dari kerajaan jauh, yang memiliki teman-teman kurcaci. Bersama-sama mereka menempuh perjalanan panjang untuk menyelamatkan sang putri. Namun kisah ini tidak sesederhana kelihatannya. Karena yang terlihat belum tentu merupakan yang sebenarnya terjadi.

Saya menikmati kisah ini dengan segala keabsurdannya. Namun yang menarik perhatian saya justru label “NOVEL DEWASA” di bagian belakang buku, yang diletakkan dengan cukup mencolok oleh sang penerbit. Padahal, waktu saya cek di Goodreads, buku ini lebih dikategorikan ke dalam “Young Adult” dan bukan “Adult” fiction. Selidik punya selidik, ternyata karena ada satu ilustrasi cukup besar yang menampilkan adegan mesra antara dua perempuan. Oh well, mungkin daripada diprotes, GPU memutuskan untuk melabeli buku ini sebagai novel dewasa, ya 🙂

Anyway – saya berharap Gaiman akan terus menulis kisah-kisah dongeng twisted seperti ini, di sela-sela produktivitasnya menerbitkan novel-novel fantasi dewasa maupun anak-anak.

Submitted for:

Category: A book with pictures

Kategori: Graphic Novels & Comic Books

 

 

Advertisements