Tags

, , , , , , , ,

Judul: The Monstrumologist

Penulis: Rick Yancey

Penerbit: Simon & Schuster Books for Young Readers

Halaman: 434p

Beli di: Gramedia Mal Taman Anggrek (IDR 135k, disc 70%)

Suatu hari, seorang penulis mendapatkan akses ke buku harian penghuni panti jompo yang baru meninggal dunia. Kakek tua yang bernama Will Henry tersebut ternyata meninggalkan kisah yang sangat fantastis dalam buku hariannya, tak heran orang-orang menyangka kalau kisah itu hanyalah fiksi.

Di masa mudanya, Will Henry yang baru menjadi yatim piatu diambil oleh Dr. Pellinore Warthrop untuk menjadi asistennya. Namun Dr. Warthrop bukanlah sembarang dokter, karena spesialisasinya adalah menangani kejadian-kejadian tak biasa yang disebabkan oleh berbagai makhluk horror yang kerap muncul di masa tersebut. Monster, kematian dan kengerian, merupakan hal-hal yang biasa dijumpai Will Henry selama bertugas mendampingi Dr. Warthrop.

Salah satu pengalaman pertamanya yang paling mengerikan adalah saat ia harus mendampingi sang dokter menghadapi monster yang meneror kota kecil New Jerusalem, di daerah New England era Victoria. Monster bernama Anthrophophagi ini merupakan makhluk menyeramkan tanpa kepala yang menjadikan manusia sebagai santapannya. Kanibal adalah julukan yang diberikan orang-orang pada makhluk yang dianggap mythical creature ini.

Meski Anthrophophagi berasal dari Afrika, entah bagaimana mereka berhasil muncul, hidup dan berkembang biak di New Jerusalem. Satu keluarga yang tinggal di dekat pemakaman menjadi korban mereka, yang membuat warga sekitar panik. Dr. Warthrop dengan pengetahuannya berusaha untuk berada satu langkah di depan para makhluk menyeramkan tersebut, namun suatu penemuan menyadarkannya kalau keberadaan Anthrophophagi di Amerika terkait erat dengan perbuatan ayahnya di masa lalu.

Dan Will Henry terpaksa mendampingi sang dokter untuk membasmi makhluk-makhluk tersebut, menyerbu ke sarang mereka dan memusnahkannya, meski itu berarti mempertaruhkan nyawanya sendiri.

Ini pengalaman pertama saya membaca karya Rick Yancey, dan terus terang saja, saya berharap banyak dari buku ini. Apalagi karena rata-rata buku Yancey diberikan bintang yang cukup tinggi oleh pembacanya.

Namun entah karena mood saya yang kurang tepat, atau karena faktor lain, saya merasa buku ini kok kurang greget ya? Menurut saya, bahasanya juga terlalu bertele-tele untuk ukuran buku anak-anak. Mungkin juga karena gaya bahasanya menyesuaikan dengan setting kisah di akhir tahun 1800-an, tapi tetap saja saya agak terkantuk-kantuk di bagian tengah, meski sebenarnya banyak adegan mencekam dalam buku ini. Saya membandingkannya dengan buku-buku Jonathan Stroud misalnya, yang juga sering mengambil setting London kuno, tapi bahasanya jauh lebih mudah dicerna.

Will Henry sendiri agak terlalu datar menurut saya. Meski seringkali ia terjebak dalam situasi gawat yang bisa membuat deg-degan, tapi cara ia menuliskan buku hariannya membuat saya serasa sedang membaca buku klasifikasi tanaman saja. Hoa-hem.

Lalu, karena awalnya saya menyangka buku ini ditujukan untuk pembaca middle grade, saya agak terkejut juga mendapati cukup banyak adegan gory di dalamnya. Adegan pembunuhan digambarkan dengan cukup eksplisit, lengkap dengan darah, otak dan segala jenis pelengkapnya. Mungkin karena memang Monstrumologist merupakan genre horror, makanya penggambarannya lumayan sadis. Namun belakangan saya juga baru sadar, ternyata buku ini masuk ke ranah young adult, bukan children atau middle grade- mungkin itu pula sebabnya bahasa yang digunakan pun lumayan berat.

Jadi, kelihatannya saya juga salah setting ekspektasi saya waktu membaca buku ini- berharap buku ini lebih ringan ala fantasi middle grade, namun kenyataannya kisahnya lebih dark dan heavy dari yang saya bayangkan.

Saya sebenarnya tertarik melanjutkan ke buku selanjutnya, yang masih bercerita tentang petualangan Will Henry mendampingi Dr. Warthrop menghadapi makhluk-makhluk horror mistis lainnya. Namun sepertinya saya perlu menyesuaikan ekspektasi dan membiasakan diri dulu nih dengan bahasa dan gaya bercerita Rick Yancey.

Submitted for:

Category: A book involving a mythical creature

Kategori: Fantasy Fiction

 

