Tags

, , , , , , ,

seriously-kiddingJudul: Seriously…I’m Kidding

Penulis: Ellen DeGeneres

Penerbit: Grand Central Publishing (First trade edition, 2012)

Halaman: 241p

Beli di: Gramedia Taman Anggrek (IDR 251k)

I always, always love Ellen DeGeneres. Menurut saya, Ellen adalah salah satu perempuan yang berhasil sukses di dunia entertainment Hollywood tanpa harus berkompromi terlalu banyak. Dia coming out as a gay di tengah kesuksesan kariernya, mempertaruhkan kelangsungan posisinya di Hollywood, di saat belum banyak LGBT rights dibicarakan seperti saat ini. Namun justru setelah itu karier Ellen malah melejit, terutama lewat talk shownya yang fenomenal.

Ellen sudah menerbitkan beberapa buku autobiografi sebelumnya, namun saya belum berkesempatan untuk membaca satupun buku-buku tersebut. Jadi, buku Seriously…I’m Kidding ini adalah buku pertama Ellen yang saya baca.

Mungkin karena sudah membahas cukup panjang tentang perjalanan hidupnya di buku-buku sebelumnya, di buku ini Ellen justru tidak terlalu banyak bercerita mengenai kehidupan pribadinya. Buku ini lebih seperti buku panduan atau self help ala Ellen untuk membuat hidup lebih happy dan menjalaninya dengan tanpa beban.

Dan seperti layaknya Ellen, tips-tipsnya ini tentu saja disampaikan dengan penuh humor, dengan gaya ringan yang menarik dan menjadi ciri khas Ellen.

Dari mulai hidup sehat: olah raga, meditasi sampai kecintaannya pada daun kale; hidup happy: menjauhkan kekhawatiran, bersikap jujur dan apa adanya, serta menghindari kebosanan; juga beberapa masalah sosial seperti girl power, adopsi dan labeling- Ellen adalah Ellen, yang tidak pernah kehabisan bahan pembicaraan dan membumbuinya dengan humor.

Kadang memang ada beberapa bab buku ini yang terasa agak terlalu dipaksakan, tidak bermakna bahkan sedikit absurd.. tapi menurut saya hal itu masih cocok dengan keseluruhan tone dari buku ini. Beberapa review menyebutkan Ellen sebagai orang yang shallow, tapi kalau kata saya sih, justru aneh rasanya membaca buku serius dari orang sekocak Ellen, yang nantinya malah berkesan pretensius.

Satu hal yang saya masih penasaran adalah mendengarkan versi audiobooknya, karena sepertinya jauh lebih menarik mendengarkan kalimat-kalimat Ellen di sini langsung dengan gaya bicaranya yang memang khas dan selalu membuat kita ingin tertawa.

Thank you for making this world a better place with your humor and laughs, Ellen!

Submitted for:

Category: A Book Written by Someone You Admire

Category: A Book Written by Someone You Admire

Kategori: Self-Improvement and Self-Help

Kategori: Self-Improvement and Self-Help

 

Advertisements