Tags

, , ,

Okey. Dari sejarah per-posbar-an sepanjang tahun 2016 ini, bulan November adalah yang paling suliiit buat saya. Kalau sebelum-sebelumnya, baca bareng dengan tema apapun, saya jabanin deh. Malah kalau yang agak aneh, saya suka menganggapnya challenge aja, biar seru.

Tapi bulan ini memang terbukti cukup sulit. Ada dua tantangan yang saya hadapi:

  1. Nyari orang baca buku di tempat umum tuh udah susaaaaah banget. Rata-rata orang biasanya megang HP atau gadget lainnya kalau sedang duduk menunggu di tempat umum. Jadi memang menemukan orang yang baca buku secara random itu cukup sulit di Jakarta. Beda banget tuh sama segala macem Hot Dudes Reading di Instagram yang kayaknya tiap hari nemu aja cowok ganteng lagi baca buku di subway.
  2. Kalaupun sudah ketemu satu orang yang sedang baca buku di tempat umum, biasanya saya cukup jiper untuk nyamperin dan ngajak ngobrol-ngobrol. Selain karena merasa awkward, juga agak takut mengganggu karena saya sendiri sudah pernah merasakan diganggu orang saat baca di tempat umum dan bikin bete πŸ˜„

Anyway.

Kedua tantangan tadi menyebabkan hasil posbar bulan ini memang kurang maksimal. Saya memang berhasil menangkap dua orang pembaca buku di tempat umum selama bulan ini, tapi pada akhirnya nggak sempat ngobrol-ngobrol dengan mereka, jadi memang kurang keren sih investigasinya, hahaha. Dan karena foto-fotonya saya ambil secara diam-diam ala paparazzi, terpaksa deh wajah-wajah yang bersangkutan saya sembunyikan ya…Daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan πŸ˜„

posbar-nov1-edit

Korban pertama saya tangkap di airport Adisucipto, Yogyakarta, saat sedang menunggu pesawat kembali ke Jakarta. Kalau kamu sangka mencari orang yang baca buku di ruang tunggu airport yang super besar itu gampang, kamu salah banget! Karena dari ratusan orang yang berjejalan di sana, hampir semua sibuk dengan gadget masing-masing. Sampai akhirnya saya menemukan sesosok perempuan yang asik baca buku, tidak peduli dengan sekitarnya. Saya berusaha mengintip buku yang sedang dibacanya tapi nggak sukses. Yang pasti, bukunya novel berbahasa Inggris. Sampai sekarang, saya cukup nyesel juga kenapa saya nggak menyapa cewek ini. Siapa tau kan, tertarik jadi anggota BBI, ya! πŸ˜€

posbar-nov2-editKorban kedua, lebih random lagi. Saya lagi nungguin ujan brenti sore-sore di depan kantor, dan pas di jendela yang menghadap cafe di lobby, saya menangkap seorang cewek bule sedang ngopi sore sambil baca buku. Bukunya juga nggak jelas apaan karena waktu itu posisi saya di balik jendela cafe πŸ˜„ Ditilik dari ukurannya sih, seperti mass market paperback. (Sotoy)

Anyway, begitulah perjalanan saya mencari para pembaca buku di belantara Jakarta (dan luar Jakarta). Ternyata tidak semudah yang dibayangkan, plus saya mesti lebih banyak latihan deh pokoknya. Salut sama adminnya akun-akun Instagram yang bisa dengan santai menyetop orang sana-sini dan mengobrol ria. Padahal, saya mantan wartawan lho! Tapi sepertinya skill untuk doorstop orang dan menginterview sudah mulai memudar. Hahahaha!

Submitted for:

Banner Posbar 2016

