Tags

, , , , , , ,

girl-of-ink-starsJudul: The Girl of Ink & Stars

Penulis: Kiran Millwood Hargrave

Penerbit: Chicken House (2016)

Halaman: 228p

Beli di: Book Depository (IDR 103k)

Kisah ini terjadi di sebuah pulau bernama Joya. Duluuuu sekali, Joya adalah tempat yang menyenangkan. Pulau ini selalu berpindah-pindah tempat, mengapung di lautan, tak pernah ada hari yang membosankan dari kehidupan di sana. Terdiri dari hutan, sungai, pantai dan beberapa desa yang penduduknya ramah-ramah, Joya bisa dikatakan menyerupai Taman Firdaus.

Namun, suatu hari Pulau Joya berhenti bergerak. Kehidupannya menjadi suram. Menurut legenda, ini karena adanya makhluk mengerikan bernama Yote yang menginginkan Joya untuk dikuasainya sendiri.

Sejak saat itu, Joya menjadi pulau yang menyedihkan, terlebih setelah kedatangan seorang Gubernur lalim yang mengisolasi Joya dari dunia luar, bahkan melarang hubungan antar desa dan mengklaim daerah-daerah di luar perbatasan sebagai daerah yang terlarang.

Isabella adalah anak seorang pembuat peta yang tinggal di desa Gromera yang dikuasai oleh sang Gubernur. Ia bersahabat dengan Lupe, anak Gubernur tersebut yang baik hati, tidak seperti ayahnya.

Keinginan terbesar Isa adalah bisa memetakan seluruh Pulau Joya, bahkan bagian-bagiannya yang dinyatakan sebagai daerah terlarang, karena memang, belum ada satu pun peta yang berhasil menggambarkan keseluruhan Pulau Joya. Namun ia tahu, cita-citanya itu bisa dikatakan mustahil, terlebih selama Gubernur masih berkuasa.

Suatu hari, insiden menghampiri kehidupan Isa saat Lupe tiba-tiba menghilang. Isa bertekad untuk mencari Lupe, meskipun itu berarti ia harus pergi menghampiri tempat-tempat yang selama ini terlarang baginya.

Mengandalkan kemahirannya membaca dan membuat peta, Isa pun terjun ke dalam petualangan tak terlupakan di Pulau Joya. Namun- siapa yang menyangka, pencarian tersebut berubah menjadi petualangan yang menyeramkan, ketika tiba-tiba saja Yote si makhluk dari legenda Joya muncul kembali?

The Girl of Ink & Stars adalah jenis buku petualangan fantasi untuk middle grade yang menyenangkan, seru, dan memiliki setting yang amat menarik. Tidak seperti kebanyakan fantasi middle grade, pengembangan karakter di buku ini dilakukan dengan cukup serius.

Isabella bukan sekadar tipikal karakter anak perempuan yang berani dan nekat, tapi punya flaws sendiri: tidak percaya diri, ragu-ragu, dan suka menyimpan ketakutan. Namun ia optimistis dan setia kawan, dan nilai-nilai itulah yang semakin ditunjukkan selama petualangannya berlangsung.

Saya juga suka dengan karakter-karakter pendukung di buku ini, terutama Lupe sahabat Isa. Karakternya bukan stereotype anak orang kaya yang menyebalkan, tapi memiliki kelebihan-kelebihan yang membuat persahabatannya dengan Joya semakin unik.

Buku ini juga memiliki ending yang pas menurut saya, tidak terlalu diburu-buru dan penyelesaiannya pun cukup realistis (untuk ukuran buku fantasi, hahaha).

The Girl of Ink & Stars adalah karya debut yang menjanjikan dari penulisnya, dan saya berharap akan mendengar lebih banyak lagi tentang karya-karya Kiran Millwood Hargrave. Sepertinya sekuel tentang Joya dan petualangan Isabella masih mungkin akan terdengar kembali 🙂

 

Advertisements