Tags

, , , , , , , , , , ,

hound-of-deathJudul: The Hound of Death (Anjing Kematian)

Penulis: Agatha Christie

Penerjemah: Tanty Lesmana

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (cetakan keempat, 2014)

Halaman: 336p

Beli di: @HobbyBuku (bagian dari Boxset Agatha Christie)

Merayakan Halloween dan Posting Bareng BBI bulan Oktober ini yang bertema “Supernatural”, saya memutuskan untuk menelaah beberapa cerita Agatha Christie yang sifatnya menyerempet-nyerempet hal-hal gaib. Sebenarnya sih karena memang saya orangnya penakut dan nggak berani membaca cerita yang murni horor, jadilah saya mencari sesuatu yang masih dalam batas keberanian saya ;p

Kebetulan di buku Hound of Death, atau yang diterjemahkan oleh GPU sebagai Anjing Kematian, terdapat beberapa cerpen yang temanya lebih ke arah supernatural dan bukan pembunuhan biasa. Ada juga sih, kisah-kisah pembunuhan khas Agatha, tapi karena tema posbar kali ini adalah Supernatural, maka saya akan membahas kisah-kisah dengan tema “gaib” saja ya 🙂

Anjing Kematian

Suster Marie Angelique disebut-sebut memiliki kekuatan gaib, karena bisa memancarkan energi misterius dan meramalkan masa depan, terutama kejatuhan dunia lewat orang-orang yang memiliki ‎tanda akhir zaman. Setiap kali Suster Marie Angelique terlibat suatu kejadian, ada tanda anjing hitam besar yang tertinggal di sana. Namun apakah benar itu pertanda akhir dunia?

Orang Keempat

Kasus kepribadian ganda yang dipadukan dengan unsur supernatural, di mana seorang gadis bodoh namun kejam, suatu hari dirasuki oleh kepribadian luar biasa seorang temannya yang sudah meninggal, yang bisa bernyanyi dalam berbagai bahasa dan memiliki kemampuan akting mumpuni. Di sini, Christie bermain-main dengan ide “raga” sebagai wadah tempat bersemayamnya “jiwa”, dan apakah mungkin satu wadah bisa ditempati beberapa jiwa yang berbeda.

Sang Gipsi

Ramalan seorang Gipsi dalam cerita ini selalu tepat, dan akhirnya malah berujung pada tragedi. Apakah kemampuan melihat masa depan betul-betul ada?

Lampu

Ini adalah satu-satunya kisah dalam buku ini yang murni tentang hantu dan sukses membuat saya merinding ketakutan, bahkan setelah selesai membacanya. Kisahnya tentang satu keluarga yang pindah ke sebuah rumah yang kabarnya dihantui oleh anak laki-laki yang selalu bersedih. Sang Ibu yang selalu praktis tidak percaya dengan rumor tersebut, tapi ketika anak laki-lakinya mulai berteman dengan seorang “anak laki-laki yang kesepian”, perasaan si Ibu mulai terganggu. Dan ending buku ini, sukses membuat saya ketakutan setengah mati!

Kasus Aneh Sir Arthur Carmichael

Sir Arthur yang kaya dan masih muda, tiba-tiba ditemukan berkeliaran di desa, linglung dan tidak bertingkah laku seperti manusia. Sementara itu, sesosok penampakan kucing kelabu sering terlihat di rumah Sir Arthur. Apakah ada hubungan antara kedua fenomena tersebut?

Panggilan Sayap-Sayap

Seorang jutawan kaya yang sangat terikat oleh kehidupan mewah dan harta bendanya, suatu hari terpikat oleh pemusik jalanan tak berkaki yang memainkan musik misterius yang serasa membawanya terbang ke awang-awang. Semakin si jutawan mendengar lagu tersebut, semakin sadarlah ia bahwa harta kekayaannya selama ini sudah membelenggunya. Suatu keputusan drastis mengubah total kehidupan jutawan tersebut.

Yang Terakhir

Ini satu lagi kisah yang membuat saya merinding ngilu. Dan endingnya! Tak habis pikir saya mengapa Agatha Christie kadang memiliki imajinasi yang sangat gelap. Ceritanya tentang seorang medium terkenal di Paris, yang sudah berencana ingin pensiun. Hari ini adalah appointmentnya yang terakhir dengan seorang klien, yaitu ibu-ibu mengerikan yang kelewat berduka sepeninggal anak perempuannya. Apakah yang akan dialami si medium di tugasnya yang terakhir ini? Yang pasti, sesuatu yang mengerikan!

Dari kisah-kisah di atas, saya bisa menyimpulkan kalau Agatha Christie, selain mahir menciptakan kisah-kisah misteri pembunuhan, juga cukup piawai dalam menulis cerita-cerita horor! Memang tidak semuanya mengerikan dan dipenuhi hantu-hantu (hanya Lampu lah yang benar-benar merupakan kisah hantu), tapi sisanya juga sukses membuat saya merinding karena ke-bizzare-annya.

Christie terutama suka bermain-main dengan misteri hidup yang tidak terpecahkan: indra keenam, kerasukan, kepribadian ganda, bahkan beberapa legenda seperti tentang kaum Gipsi atau makhluk dongeng semacam Pan. Semuanya dipadukan menjadi kisah-kisah yang unik, tidak biasa, dan memang tidak seperti yang dibayangkan orang-orang tentang karya Agatha Christie. Ada beberapa kisah lain dalam buku ini yang menggunakan unsur supernatural sebagai background cerita, tapi ternyata kisahnya “hanya” pembunuhan biasa, karena itu tidak saya masukkan ke dalam postingan ini.

Namun terlepas dari suka atau tidaknya para penggemar Christie terhadap kisah-kisah supernatural ini, saya bisa berkomentar kalau Christie memang seorang penulis jempolan dengan imajinasi tingkat tinggi!

Submitted for:

Banner Posbar 2016

 

Advertisements