Tags

, , , , , , , ,

before-i-go-to-sleepJudul: Before I Go To sleep

Penulis: S.J. Watson

Penerbit: HarperCollins (2012, First International Mass Market)

Halaman: 368p

Beli di: Bukumoo (IDR 50k)

Salah satu genre favorit saya sepanjang masa adalah thriller-mystery. Saya (yang tidak suka genre horror tapi suka ditakut-takuti) selalu excited dengan pace yang cepat, intens, plot twist dan karakter yang tidak reliable.

Menurut premisnya, Before I Go To Sleep masuk ke dalam kategori ini.

THE PLOT:

Sejak insiden misterius yang menimpanya, Christine Lucas tidak memiliki memori jangka panjang lebih dari 24 jam. Setiap pagi, ia bangun dalam keadaan clueless tentang ruangan yang ditempatinya, umurnya, bahkan laki-laki yang berbaring di sebelahnya dan mengaku adalah suaminya, Ben.

Frustrasi ingin mengingat lebih banyak, dan merasa sangat vulnerable karena tidak berhasil, Christine suatu hari dikejutkan oleh telepon dari laki-laki yang mengaku sebagai dokternya, Dr. Nash, yang memberitahunya kalau Christine ternyata memiliki jurnal yang berisi informasi yang dikumpulkannya sedikit demi sedikit tentang fakta-fakta hidupnya, yang tujuannya adalah untuk mengembalikan memorinya.

Namun Christine terkejut saat membaca tulisannya di halaman depan: Do Not Trust Ben.

Siapa yang harus ia percayai?

THE TWIST:

Saya selalu berharap dikejutkan oleh twist dramatis (tapi tetap realistis) dari buku-buku sejenis ini. Kenikmatan membaca buku bergenre thriller mystery adalah secara bertahap dibuat tegang, lalu meledak menjadi kejutan di bagian akhir yang tidak tertebak tapi sekaligus bisa memberikan penjelasan yang memuaskan.

Sayangnya- Before I Go To Sleep belum bisa masuk ke dalam golongan ini (buat saya). Twistnya sudah tercium kuat dari pertengahan buku, tapi saya masih berharap saya salah, karena menurut saya penyelesaian tersebut tidak masuk akal dan akan terlalu dipaksakan. Namun ternyata dugaan saya benar, dan alih-alih puas karena berhasil menebak, saya justru kecewa. Ketegangan dan misteri yang terbangun cukup baik dari awal, terasa merosot dan sia-sia dengan ending yang terlalu dipaksakan.

THE VERDICT

Menurut saya, kisah Before I Go To Sleep memiliki Premis yang baik, cocok untuk penyuka thriller psikologis, dan ketegangannya juga cukup terjaga. Saya menyelesaikan buku ini dalam satu hari karena memang tidak bisa berhenti, rasa penasaran itu berhasil dibuat menumpuk (at least untuk membuktikan kalau tebakan saya salah dan ada kejutan lain menunggu di akhir buku).

Tapi sayangnya, twist di bagian ending kurang oke, menghilangkan dua bintang (dari lima bintang) yang saya sematkan pada buku ini. Konsistensi adalah kunci kesuksesan menjaring lima bintang pada buku bergenre misteri, dan buku ini, simply put, tidak bisa menjaga konsistensi tersebut dan kedodoran berat di bagian akhir.

THE MOVIE

Buku ini sudah diangkat ke layar lebar, dengan pemeran utama Nicole Kidman dan Colin Firth. Mungkin harusnya saya nonton filmnya saja, karena sepertinya Colin Firth akan mengalihkan saya dari ending yang paling tidak masuk akal sekalipun (Kingsman, cough cough)🙂

large_before_i_go_to_sleep