Tags

, , , , , ,

the thing about jellyfishJudul: The Thing about Jellyfish

Penulis: Ali Benjamin

Penerbit: Macmillan Children’s Books (2015)

Halaman: 343p

Beli di: Books and Beyond (108k)

Fakta: ada sekitar 150 juta sengatan ubur-ubur yang terjadi setiap tahunnya. Ini berarti satu sengatan untuk setiap 46 orang di dunia, atau empat sampai lima sengatan setiap detiknya. Dan sebagian besar dari sengatan tersebut sangat mematikan.

 

Inilah hal-hal yang dipelajari oleh Suzy saat ia memutuskan untuk membuat penelitian dengan topik ubur-ubur untuk tugas sekolahnya.

Dan semakin banyak Suzy mempelajari tentang ubur-ubur, semakin yakinlah ia kalau sahabatnya, Franny, meninggal karena sengatan makhluk air tersebut. Habis, apa lagi penjelasannya? Franny adalah perenang andal yang sudah berenang sejak masih anak-anak, namun ia meninggal karena tenggelam di laut saat berlibur di Maryland.

Suzy bertekad ingin membuktikan hipotesisnya ini, bahkan berencana untuk mengontak para ahli ubur-ubur demi mendukung dugaannya. Namun penelitiannya ini membawa Suzy semakin jauh dari keluarganya, karena ia berhenti bicara sejak Franny meninggal.

Buku ini -seperti A Monster Calls– mengambil tema kedukaan, atau grieving, dan bagaimana beratnya perjuangan untuk menerima kepergian orang terkasih kita, terutama bila kita berpisah tidak dalam keadaan yang baik-baik saja.

Suzy adalah narator yang pas: mengundang simpati tanpa berkesan pathetic, apa adanya dan mudah dipahami. Saya menikmati format buku ini yang ditulis menyerupai laporan penelitian ilmiah, dengan metafora ubur-ubur yang terasa amat sesuai dengan pencarian Suzy terhadap kebenaran dan cara-caranya untuk menerima kenyataan menyedihkan yang ia hadapi.

Yang juga saya suka dari buku ini adalah peran keluarga yang dibuat sangat menonjol- satu hal yang kadang terlupakan dalam buku-buku young adult atau middle grade. Ibu dan ayah Suzy yang sudah berpisah, dan bagaimana kenyataan ini ikut memperkuat kekecewaan Suzy terhadap dunia dan keputusannya berhenti bicara, juga sedikit sempalan tentang hubungan Suzy dengan kakak laki-lakinya. Terutama, saya sangat suka dengan adegan akhir saat Suzy menelepon ayahnya. Very touching!

The Thing about Jellyfish adalah buku yang sederhana, namun amat memorable. Seperti buku bagus pada umumnya: tidak berlebihan, namun diramu dengan keren. Buku wajib untuk anak-anak usia middle grade, dan setiap pencinta kisah-kisah indah🙂