Tags

, , , , , , , ,

bfg

Lokasi: Pesca Ice Cream, Jakarta Barat

Judul: The BFG

Penulis: Roald Dahl

Penerjemah: Poppy Damayanti Chusfani

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2010)

Halaman: 200p

Part of Boxset Roald Dahl

Suatu malam, Sophie yang tinggal di sebuah panti asuhan di Inggris melihat pemandangan paling mengerikan dalam hidupnya: sesosok raksasa! Karena Sophie menangkap basah si raksasa berkeliaran di desanya, ia pun diculik oleh raksasa tersebut dan dibawa ke negeri para raksasa.

Untunglah, raksasa yang menculiknya ternyata adalah si BFG, atau Big Friendly Giant! BFG adalah satu-satunya raksasa baik hati yang tidak pernah memakan manusia. Namun, BFG bercerita pada Sophie tentang para raksasa lain yang gemar makan manusia, terutama anak-anak, dan rencana gila mereka untuk melahap habis anak-anak di seluruh dunia, termasuk di Inggris!

Sophie dan BFG kemudian menyusun strategi dan rencana yang besar dan nekat untuk menggagalkan niat para raksasa jahat. Rencana itu melibatkan perjalanan ke London, mengatur mimpi ratu Inggris (melalui alat penangkap mimpi BFG), serta penyergapan besar-besaran. Berhasilkah Sophie dan BFG menyelamatkan nyawa anak-anak dari santapan raksasa?

Seperti biasa, buku Roald Dahl selalu penuh imajinasi, detail-detail gory namun seru (terutama fakta bahwa raksasa-raksasa ini gampang saja mencomot anak-anak dan menyantap mereka bulat-bulat!), dan ending yang out of the box.

Penerjemah buku ini, Poppy Chusfani, juga berhasil menerjemahkan segala istilah aneh (terutama gaya bicara BFG yang sering salah menggunakan kata-kata) dengan pas dan tepat. Hasilnya masih tetap kocak dan mudah dimengerti. Saya sendiri sempat ketawa-ketawa sendiri beberapa kali saat membaca bagian dialog nggak nyambung antara BFG dengan Sophie yang cerdas.

Yang pasti, BFG adalah salah satu dari buku klasik Dahl (pertama kali diterbitkan tahun 1982) yang selalu direkomendasikan oleh pencinta karyanya. Terlebih lagi, film BFG sudah tayang di musim panas ini, dengan sutradara Steven Spielberg. Nggak sabar pingin nonton 😀

Submitted for:

Banner Posbar 2016