Tags

, , , , , , , , , ,

Lokasi: Jalan tol Cipularang, otw to Bandung :)

Lokasi: Jalan tol Cipularang, otw to Bandung 🙂

Judul: Book Scavenger

Penulis: Jennifer Chambliss Bertman

Penerbit: Square Fish (2015)

Halaman: 350p

Beli di: The Last Bookstore Los Angeles (USD 7.99)

Orangtua Emily bertekad akan tinggal di 50 negara bagian di Amerika Serikat, dan mereka mendokumentasikan perjalanan dan mimpi mereka ke dalam sebuah blog yang memiliki banyak penggemar. Awalnya, kehidupan unik ini terasa menarik bagi Emily, tapi lama kelamaan, ia hanya menginginkan kehidupan normal di mana ia bisa benar-benar memiliki rumah yang tetap dan teman baik yang dikenalnya lebih dari satu tahun. Satu-satunya hiburan Emily adalah Book Scavenger, permainan menyembunyikan dan berburu buku dengan mengikuti petunjuk dan teka teki.

Ketika keluarga Emily pindah ke San Francisco, Emily cukup bersemangat karena itu adalah kota asal Garrison Griswold, pencipta permainan Book Scavenger. Mungkin ia akhirnya bisa menghadiri salah satu event Griswold yang terkenal, yang selalu diadakan di San Francisco. Emily juga berharap San Francisco akan lebih menyenangkan dari kota-kota lain tempat ia tinggal sebelumnya, karena ia mendapat teman baru, James, yang tinggal di apartemen di atasnya. Lebih seru lagi, James adalah penggemar berat teka-teki, puzzle dan permainan kata, sehingga cukup nyambung dengan Emily dan mau membantunya dalam permainan Book Scavenger.

Namun, tragedi terjadi saat Garrison Griswold ditemukan cedera setelah percobaan perampokan di stasiun kereta bawah tanah. Secara tidak sengaja, Emily mengetahui kalau perampokan itu bukan perampokan biasa, karena para perampok mengincar buku berharga yang ada hubungannya dengan event permainan berikut yang diciptakan oleh Griswold – yang hadiah utamanya sepertinya sangat luar biasa.

Dibantu oleh James serta kakak Emily, Matthew, mereka berusaha mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Mr. Griswold untuk memecahkan teka-teki game yang belum diketahui oleh siapapun. Selain itu, mereka juga harus menghindari kejaran para perampok yang sepertinya mengincar hal yang sama!

Book Scavenger mengingatkan saya akan buku-buku sejenis seperti The Westing Game atau Mr. Lemoncello’s Library. Penuh teka-teki, permainan, dan pekerjaan detektif yang dipadukan dengan dunia buku, Book Scavenger memang ditulis oleh dan untuk pencinta buku. Banyak referensi tentang penulis dan literatur dalam kisah ini, yang pastinya akan terasa relate dengan para bookworms di seluruh dunia.

Permainan Book Scavenger sendiri, menurut penulis buku ini, terinspirasi oleh BookCrossing, gerakan bertukar dan berburu buku yang memang sudah eksis bertahun-tahun lamanya di banyak negara di dunia. Saya sendiri pernah menulis tentang BookCrossing dan bersinggungan dengan komunitas ini saat tinggal di Belanda dulu.

Dari segi konflik dan misteri, Book Scavenger tidak terlalu menyisakan kejutan, tapi daya tariknya justru datang dari perjalanan Emily menyusuri petunjuk-petunjuk tersebut di sekitar kota San Francisco. Setelah membaca begitu banyak buku sejenis berlatar kota New York, ternyata San Francisco cukup memberikan kesegaran tersendiri. Saya juga suka para karakter di buku ini, yang diberi kesempatan sama besarnya untuk unjuk gigi, termasuk Matthew, kakak Emily yang awalnya tampak menyebalkan tapi ternyata memberi warna kekocakan tersendiri.

Kabar gembira datang dari Jennifer Bertman karena buku kedua serial ini, The Unbreakable Code, sudah terbit dan pastinya menyimpan lebih banyak keseruan dari dunia Book Scavenger!

Submitted for:

Banner Posbar 2016

 

Advertisements