Tags

, , , , , , , , ,

winter peopleJudul: The Winter People

Penulis: Jennifer McMahon

Penerbit: Qanita (2015)

Penerjemah: Angelic Zai-zai

Halaman: 448p

Gift from: Secret Santa!

Ruthie selalu membenci West Hall, kota kecil tempat tinggalnya di Vermont. Ia juga membenci kondisi rumahnya: hidup terpencil dan pas-pasan, dengan ibunya yang harus bekerja keras setelah ayahnya meninggal dunia.

Ditambah lagi, banyak kengerian terjadi di West Hall sejak jaman dahulu. Entah hanya legenda atau memang ada sesuatu yang menyeramkan berkeliaran di sekitar West Hall, terutama di Devil’s Hand, hutan angker yang terletak di belakang rumah Ruthie. Yang jelas, memang banyak orang menghilang atau meninggal secara misterius selama puluhan tahun di daerah itu.

Suatu malam setelah tahun baru, kengerian tersebut juga menimpa Ruthie, saat ibunya tiba-tiba menghilang begitu saja, tanpa jejak, meninggalkan Ruthie berdua dengan Fawn, adik perempuannya yang masih kecil.

Ketika sedang mencari-cari petunjuk, Ruthie menemukan sebuah buku harian tua yang ditulis oleh Sara Harrison Shea, penduduk West Hall yang meninggal secara tragis di tahun 1900-an. Ruthie menyadari dengan ngeri kalau kisah Sara ternyata masih berkaitan dengan keluarga dan masa lalunya, dan bahkan mungkin merupakan cara satu-satunya untuk menemukan ibunya. Meski itu berarti ia harus berhadapan dengan kengerian yang sudah menghantui West Hall selama bertahun-tahun!

Awalnya, saya kaget setengah mati saat sadar kalau buku The Winter People ini adalah separo thriller dan separo kisah hantu-hantuan. Saya pikir buku ini masuk ke ranah thriller misteri pembunuhan yang memang menjadi salah satu favorit saya. Tapi ternyata, saya malah dihadapkan dengan kisah horror yang biasanya selalu saya hindari!

Ya, mau bagaimana lagi. Buku ini dihadiahkan oleh Santa dan saya harus menyelesaikannya, meski diiringi rasa takut yang mencekam saya terutama saat membacanya di malam hari.

Namun lama kelamaan saya malah menikmati kisah kelam yang ditawarkan The Winter People. Penuturan yang rapi adalah salah satu daya tarik utama buku ini. Jennifer McMahon dengan lihai berpindah-pindah narasi, dari mulai kisah Sara di masa lalu, sampai kisah Ruthie di masa kini, yang semuanya sama menegangkannya. Dilengkapi dengan setting kota kecil yang suram di tengah musim dingin- lengkaplah sudah!

Memang ada beberapa bagian, terutama yang menyangkut hantu-hantu, yang membuat saya agak sebal. Tapi sebenarnya kisahnya sendiri masih terasa pas dengan misteri pembunuhan dan tragedi di kota kecil West Hall. Yang pasti, buku ini cukup menguji nyali saya yang termasuk penakut, dan bahkan berhasil membuat saya menyematkan 4 bintang di akhir kisah.

Terjemahan Angelic Zai Zai juga cukup baik, awalnya saya agak khawatir kenikmatan saya membaca terganggu dengan hasil terjemahan, apalagi sejak dulu sebenarnya saya sudah memasukkan Winter People versi bahasa Inggris di daftar wishlist saya. Tapi ternyata terjemahannya memuaskan, pas, dan tidak menghilangkan unsur tegang yang bertebaran di sepanjang cerita. Very recommended!

 

secret santa 2015

Who’s My Santa?

Dan sekarang, tibalah waktu yang ditunggu-tunggu untuk menebak identitas sang Santa. Sebelumnya, mari kita telaah kembali petunjuk riddle yang sudah diberikan Santa saya ya:

“Pilih di antara N atau M

Di mana hewan menggonggong menyerukan suara maut

Menyebabkan tiga babak cerita menyedihkan

Bergema nyaring dalam rumah

Tak perlu mencari dalam barisan iklan koran

Karena sajak anak2 yang terkenal itu akan mengakhiri semuanya”

Setelah konsultasi dengan Papa Poirot, saya mendapat bisikan kalau setiap kalimat di riddle tersebut mewakili judul buku Agatha Christie dalam edisi terjemahannya. Dan inilah hasil analisis saya:

Pilih di antara N atau M : Ini bisa huruf N atau M, pending decision.

Di mana hewan menggonggong menyerukan suara maut: Anjing Kematian

Menyebabkan tiga babak cerita menyedihkan : Tragedi Tiga Babak

Bergema nyaring dalam rumah : Rumah Gema

Tak perlu mencari dalam barisan iklan koran : Iklan Pembunuhan

Karena sajak anak2 yang terkenal itu akan mengakhiri semuanya : Sepuluh Anak Negro

Naaahhh… setelah semua judul tersusun, mari kita telaah huruf pertama masing-masing judul: N/M-A-T-R-I-S. Karena tidak ada anggota BBI bernama Natris, maka saya menyimpulkan kalau identitas Santa saya adalah…. MATRIS!

Untuk meyakinkan diri, saya membaca ulang juga kartu Natal yang dikirimkan si Santa. Ternyata di sela ucapannya, ada kalimat ini:

“Maafkan jika kadonya terlambat soalnya harus menempuh perjalanan panjang”

Hmmmm… guess what? Matris memang tinggal nun jauh di sana, di Papua! Naaah kurang jauh apa lagi coba?😀

Semoga saja tebakan saya benar ya, kalau nggak rasanya saya harus pensiun sebagai murid Papa Poirot😀

Tapi kalaupun salah, saya mohon maaf sama Santa saya, dan mengucapkan selamat karena berhasil mengecoh saya melalui riddle Agatha Christie😄

Dan siapapun kamu, Santa saya yang super baik hati, terima kasih sebesar-besarnya karena sudah meramaikan Natal saya🙂 See you in real life, I hope!

Submitted for:

Banner Posbar 2016