Tags

, , , , , , ,

The_Evolution_of_Calpurnia_TateJudul: The Evolution of Calpurnia Tate

Penulis: Jacqueline Kelly

Penerbit: Square Fish First Edition (2011)

Halaman: 340p

Beli di: Kinokuniya Grand Indonesia (IDR 91k)

Saat itu musim panas yang menyengat di Texas pada tahun 1899,dan Calpurnia Tate berusaha mencari segala cara yang mengasyikkan untuk menghabiskan musim panas tersebut.

Meski tidak disetujui oleh keluarganya (terutama Ibunya), Calpurnia yang sangat tertarik dengan dunia pengetahuan alam banyak menghabiskan waktu di sungai bersama kakeknya yang nyentrik. Setiap hari mereka menyibak rahasia alam yang menakjubkan, bahkan suatu hari yang istimewa, Calpurnia dan kakeknya berhasil menemukan sebuah spesies baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Namun di antara rasa excited dan bahagia yang ia alami, kebenaran perlahan-lahan disadari oleh Calpurnia. Ia adalah seorang anak perempuan yang haus akan pengetahuan dan memiliki segudang cita-cita, namun hidup di jaman yang masih menganggap perempuan tabu untuk berkecimpung di dunia yang didominasi oleh laki-laki.

Ia dianggap anak yang aneh, menyalahi kodrat dan tidak ada seorangpun -kecuali kakeknya- yang mendukung cita-citanya. Semua orang hanya berharap Calpurnia bisa bersikap seperti seorang lady, bersiap-siap untuk menghadapi dunia wanita yang akan memberikannya suami, anak, keluarga, dan pekerjaan rumah tangga sebagai prioritasnya. Apakah mimpi Calpurnia harus terhempas begitu saja?

The Evolution of Calpurnia Tate adalah buku yang akan menjadi klasik modern- kisah coming of age dan self discovery yang bisa relate dengan semua anak-anak (terutama perempuan) yang masih memiliki segudang mimpi. Sangat inspiring, dengan karakter utama yang sangat lovable, didampingi oleh karakter-karakter lain yang tak kalah memorable nya, seperti saudara-saudara Calpurnia, kakek sekaligus sahabat karibnya, bahkan para penduduk kota kecil tempat Calpurnia tinggal.

Saya jatuh cinta pada Calpurnia- mungkin karena menemukan sepercik masa kecil saya di dirinya- dan hanya menginginkan yang terbaik untuknya. Ini adalah kekuatan utama buku ini- yang tidak sering didapati di buku anak middle grade yang biasanya karakternya lebih terasa satu dimensi.

Setiap bab dalam buku ini diawali oleh kutipan dari buku The Origin of Species oleh Charles Darwin, yang merupakan kitab suci Calpurnia dalam penjelajahan dunia ilmu alam yang dicintainya. Lucunya, kutipan bernada ilmu pengetahuan itu memiliki hubungan erat dengan kisah evolusi Calpurnia di setiap bab. Kreatif sekaligus sangat inspiring.

The Evolution of Calpurnia Tate adalah jenis buku yang akan saya rekomendasikan untuk setiap anak perempuan (sorry for this feminist streak) yang ingin menemukan tempatnya di dunia.

Submitted for:

Kategori Name

Kategori Name