Tags

, , , ,

opini bareng bbi 2015

Sesuai tema Opini Bareng bulan Juli ini, yang akan dibahas adalah tentang sidekick. Sidekick, alias karakter pendamping, biasanya bertugas untuk mendampingi si karakter utama dalam sebuah kisah, melalui tingkah polahnya yang menciptakan suasana yang lebih segar.

Biasanya. sidekick memiliki sifat atau kebiasaan unik yang akan membedakannya dari si karakter utama, entah lebih konyol, atau lebih serius, atau bahkan lebih annoying. Tapi tanpa kehadirannya, si karakter utama tidak akan mampu mendapatkan pelajaran berharga atau menyelesaikan misinya.

Untuk saya pribadi, karakter pendamping ini lebih berkesan di beberapa genre tertentu, seperti di genre petualangan, misteri atau thriller. Pokoknya kisah yang biasanya merupakan perjalanan, di mana karakter utama dan sidekicknya menjalani suatu journey bersama-sama.

Di bawah ini adalah beberapa karakter pendamping alias sidekick yang membuat saya berkesan, bahkan kadang lebih saya sukai dibandingkan karakter utamanya sendiri.

Ron & Hermione, Harry Potter Series

ron harry hermione

Membicarakan sidekicks sepertinya tidak bisa lepas dari kisah fenomenal karya JK Rowling ini. Tanpa Ron dan Hermione, Harry nggak akan pernah bisa mengatasi Voldemort dan kengerian yang menimpa masyarakat sihir. Dan memang, Ron yang santai, agak pemalas namun super setia kawan, cukup kontras dengan Hermione yang rajin, jenius, dan sedikit jutek. Tapi keduanya benar-benar loyal, memiliki kelebihan masing-masing yang nantinya akan membantu Harry menjalani ujian demi ujian hidupnya.

Samwise Gamgee, Lord of the Rings Series

samwise gamgee

Ahhh… Samwise ini bener-bener wise sesuai namanya deh. Karakternya ideal banget sebagai seorang sidekick: loyal, strong, positive thinking, dan motivator yang andal. Kalau bukan karena Sam, sepertinya nggak mungkin Frodo berhasil menghancurkan cincin pembawa bencana yang menjadi sentral kisah trilogi ini. Bahkan, Frodo sempat sudah hampir tergoda dengan cincin itu sendiri, satu hal yang Sam tidak pernah alami. Tekad Sam cuma satu, yaitu membantu Frodo sampai akhir petualangan mereka. Salah satu adegan favorit saya yaitu saat Sam menemui happy ending nya yang diceritakan di bab terakhir buku ketiga.

Kapten Hastings, Hercule Poirot Series

Duuuh… Kapten Hastings mungkin adalah salah satu sidekick paling telmi yang pernah ada, apalagi kalau disandingkan dengan sel-sel kelabunya Hercule Poirot. Tapiii… dia juga yang paliiing cocok banget mendampingi Poirot dalam kasus-kasusnya. Karena seperti kata Poirot, Hastings itu mewakili manusia pada umumnya banget. Jadi, kalau ada pembunuh yang mau menipu dan Hastings tertipu, Poirot langsung bisa memastikan niat si pembunuh tersebut. Hihihi… paling kasian kalau Poirot sudah iseng merahasiakan penemuannya dari Hastings dan menantang Hastings untuk mengambil kesimpulan sendiri, yang biasanya makin ngaco abis. Puk puk, Hastings…

Dean Moriarty, On The Road

Dean ini tipe cowok gokil yang takut komitmen dan selalu dalam pencarian. Narator buku ini, Sal Paradise, bersahabat dengan Dean dan menjadi teman seperjalanannya meski banyak juga ketidaksepahaman di antara mereka. Tapi satu yang pasti, keduanya tekun mencari “IT” atau sesuatu yang hilang dari hidup mereka, dan Dean yang gila-gilaan seringkali berhasil mempengaruhi Sal yang lebih tenang dan berpikiran panjang.

Adso, The Name of The Rose

Aaahhh Christian Slater!! Very 80s :)

Aaahhh Christian Slater!! Very 80s πŸ™‚

Tokoh utama buku ini, Brother William of Baskerville, adalah seorang penyelidik sekaligus biarawan yang karismatik, cerdas, dan lawan yang tangguh bagi para penjahat. Tapi sidekicknya, Adso, berhasil mencuri hati saya sepenuh hati πŸ™‚ Biarawan muda yang masih polos banget, naif, dan sangat likable, beberapa tingkah lakunya malah memberikan inspirasi penyelidikan bagi Brother William. Dan narasi Adsolah yang akhirnya membuat saya betah menghabiskan buku lumayan tebal dan padat ini..

Kalau kamu, siapa sidekick favoritmu?

Advertisements