Tags

, , ,

opini bareng bbi 2015

Tema opini bareng bulan ini adalah hubungan dengan pembaca. Buku apa yang membuatmu merasa terhubung dan relate saat membacanya?

Untuk saya, yang -ngakunya- seorang pencinta (dan penimbun) buku, tentu buku yang paling bisa membuat saya terhubung adalah yang bercerita tentang… buku.

Yes, books about books selalu membuat saya langsung merasa “ceritanya gue banget nih!” Apalagi kalau setting ceritanya memang berkisah tentang buku yang saya tau, atau toko buku yang sepertinya bikin ngiler.

Banyak banget buku tentang buku yang masuk ke wishlist saya, tapi beberapa yang sudah saya baca dan meninggalkan kesan mendalam adalah berikut ini:

mr lemoncello1. Escape from Mr. Lemoncello’s Library (Chris Grabenstein)

Perpustakaan Mr. Lemoncello sungguh amat sangat bikin saya ngiler! Bayangkan saja, ada petugas perpus dalam bentuk hologram, tangga yang berfungsi seperti lift, ruangan berisi games, rak buku menjulang sampai langit-langit… Pokoknya impian banget deh! Ditambah lagi, saya merasa amat relate dengan buku ini karena banyak menyebut judul-judul buku anak yang menjadi favorit saya, sebagai bagian dari puzzle/quote di dalam cerita. Sukaaaa 😄

2. The City of Dreaming Books (Walter Moers)

Oke, mungkin ini adalah salah satu buku yang paling underrated di abad ini. Padahal, ceritanya keren banget! Dan sangat passs sekali untuk para kutu buku. Kapan lagi kamu akan diajak berjalan-jalan di kota yang penuh dengan segala jenis buku, dari mulai kafe buku, toko buku langka, sampai katakomba penuh buku berbahaya 😀 A very good fantasy, indeed.

3. Mr. Penumbra’s 24-hr-Bookstore (Robin Sloan)

Ahhh buku ini keren. Cool. Benar-benar menggabungkan teknologi modern (e-books, iPad, Google) dengan buku tradisional (secret community, secret library, secret books). Sosok Penumbra yang misterius juga serba bikin penasaran. Membawa kita bertualang dari San Francisco ke New York, bersama para nerds dan kutu buku. Hihiy!

The-Shadow-of-the-Wind-4. The Shadow of The Wind (Carlos Ruiz Zafon)

Buku ini berhasil membuat saya super penasaran dengan satu tempat bernama Cemetery of Forgotten Books. Meski ini hanya tempat fiksional, saya seolah benar-benar bisa merasakan berada di dalamnya. Menyelamatkan buku langka dan menjaganya seumur hidup, tampak seperti sebuah tugas yang mampu menggerakkan hati setiap pencinta buku. Oya, salah satu karakter utama di buku ini tinggal di toko buku lho!

 

 

5. Inkspell Trilogy (Cornelia Funke)

Sayang saya belum sempat mereview serial ini (mungkin pertanda saya harus baca ulang!), tapi yang jelas Meggie yang punya kemampuan untuk masuk ke dalam buku cerita saat membaca keras-keras, benar-benar membuat saya kepingin merasakan kemampuannya itu. Masuk ke dalam buku cerita? Siapa sih yang nggak mau? Tapi tapi… asal jangan banyak orang jahatnya ya 😄