Tags

, , , , , , , , ,

my brother samJudul: My Brother Sam Is Dead

Penulis: James Lincoln Collier & Christopher Collier

Penerbit: Scholastic (1974)

Halaman: 216p

Beli di: Bzee (25k)

My Brother Sam is Dead berkisah tentang kehidupan penduduk kota kecil Redding di Amerika, menjelang munculnya Perang Revolusi Amerika untuk memerdekakan diri dari koloni Inggris di penghujung periode 1700-an.

Perang ini mengubah setiap orang dalam berbagai level- termasuk keluarga Meeker, yang meskipun masih bisa dianggap sebagai kaum loyalis kerajaan Inggris, terpaksa melepaskan anak tertua mereka, Sam, yang bergabung dengan tentara revolusioner.

Tim, adik laki-laki Sam, merasa kehidupannya mulai jungkir balik selepas kepergian abangnya. Bukan saja ia harus membantu Ayah dan Ibunya mengurus usaha penginapan mereka, tapi ia juga merasa perang ini mulai memecah belah keluarganya. Tim sendiri tidak yakin di pihak mana ia seharusnya berada.

Ayah dan ibunya, seperti kebanyakan warga Redding, masih setia pada kerajaan Inggris, dan mereka menentang perang yang membuat semua orang menderita. Di lain pihak, Sam berusaha menunjukkan pada Tim kalau Amerika tidak bisa selamanya berada di bawah kungkungan Inggris- mereka adalah negara merdeka yang berada di tanah yang merdeka pula, dan Inggris tidak berhak memperoleh apapun – termasuk pajak- yang diambil paksa dari rakyat Amerika.

Tim merasa kedua pihak memiliki poinnya masing-masing. Namun ia melihat sendiri, perang ternyata lebih dari sekadar memperjuangkan pendapat yang berbeda. Perang membuat semua orang menderita: kekurangan bahan pangan, keluarga terpecah belah, dan nyawa-nyawa melayang. Sampai kapankah semuanya berakhir?

Membaca buku ini, saya baru sadar kalau pengetahuan saya tentang sejarah revolusi Amerika ternyata masih sangat minim. Samar-samar, saya mengingat sekilas film The Patriot yang dibintangi oleh Mel Gibson. Tapi kalau buku, rasa-rasanya saya memang belum pernah membaca tentang topik ini.

the-patriot

Ada Heath Ledger juga loh di film ini 😄

My Brother Sam Is Dead termasuk buku yang cukup “berat” untuk target pembacanya yaitu middle grade. Banyak adegan kekerasan (hint: kepala putus, darah muncrat) yang bertebaran di sepanjang cerita, juga beberapa kata umpatan, dan isu serius seperti perang, perpecahan keluarga dan politik.

Tak heran buku ini – meski menggondol penghargaan Newbery Honor- sempat di banned di mana-mana. Apalagi meskipun ditulis oleh penulis Amerika, buku ini tak ragu untuk menampilkan kekejaman dan kekejian para pejuang revolusi Amerika yang menghalalkan segala cara demi mencapai tujuan mereka. Jadi, buku ini tidak bisa juga dibilang sebagai buku patriotik Amerika.

Saya sendiri merasa cukup tertarik dengan tema yang ada, dan meski beberapa adegan narasi terasa terlalu panjang dan membosankan, secara keseluruhan buku ini bisa mewakili penggambaran kehidupan Amerika menjelang pecahnya revolusi. Karakter Sam- sebagai karakter sentral- tidak bisa terlalu mendapat simpati saya, namun Tim sebagai narator justru berhasil mencuri perhatian.

Buku ini membuat saya ingin mencari tahu lebih lanjut tentang sejarah Amerika yang selama ini masih berada di luar jangkauan radar bacaan saya.

Submitted for:

banner 13 days cl-ya