Tags

, , , , , , , , , ,

mrs frisbyJudul: Mrs. Frisby and the Rats of NIMH

Penulis: Robert C. O’Brien

Penerbit: Aladdin Paperbacks (1986), first published in 1971

Halaman: 233p

Beli di: Bras Basah (thanks to Dewi)

Mrs. Frisby, seekor tikus ladang yang tinggal di dekat pertanian Mr. Fitzgibbon, sedang panik. Musim semi sudah di ambang pintu, yang berarti, ia harus membawa keluarganya pindah ke rumah musim panas mereka di hutan, agar tidak ikut diterjang traktor Mr. Fitzgibbon yang akan mulai musim tanamnya.

Namun, anak laki-laki Mrs. Frisby, Jeremy, terkapar lemah karena pneumonia, dan membawanya pindah rumah selama ia masih sakit, sama saja dengan mengancam nyawanya. Mrs. Frisby berusaha memecahkan masalah ini, apalagi setelah Mr. Frisby meninggal, ia harus mengurus keempat anaknya sendirian.

Untunglah, lewat beberapa kenalan, akhirnya Mrs. Frisby terhubung dengan koloni tikus besar dari NIMH yang tinggal di kebun keluarga Fitzgibbon. Konon, tikus-tikus ini memiliki kecerdasan luar biasa dan mampu memecahkan segala masalah.

Namun, ketika masuk ke koloni tersebut, Mrs. Frisby tidak menyangka kalau ternyata ia juga akan menguak masa lalu suaminya, dan mengetahui asal muasal para tikus jenius tersebut. Sebenarnya, di mana NIMH berada, dan mengapa tikus-tikus itu begitu cerdas sampai ingin membangun peradaban baru sendiri?

Buku ini adalah buku yang menyenangkan, fabel yang berisi banyak sekali isu menarik namun tetap bisa dikemas dengan ringan, sesuai dengan target pembacanya, para middle graders.

Beberapa yang menurut saya menarik dan layak menjadi pembahasan bersama anak-anak:

  1. Percobaan laboratorium. Meski settingnya di tahun 70-an, O’Brien mampu mengangkat isu science/sosial yang akan semakin marak di dekade berikutnya. Sejauh apa manusia bisa menggunakan hewan (termasuk tikus) dalam percobaannya? Seberharga apa nyawa hewan dibandingkan dengan kebutuhan umat manusia tentang ilmu pengetahuan?
  2. Peradaban baru. Sedikit menyinggung tentang teori evolusi kaum kera yang bisa “naik kelas” menjadi manusia, O’Brien dengan berani mengajukan teori tentang kecerdasan tikus yang sebenarnya di atas rata-rata- namun karena gaya hidup yang malas dan biasa mencuri, tikus pun kalah dengan kera di dalam seleksi alam. Namun sekelompok tikus yang berpikiran maju, bertekad untuk membangun peradaban baru, meninggalkan gaya hidup tikus yang identik dengan mencuri.
  3. Feminisme- tokoh Mrs. Frisby merupakan contoh menarik tentang peran perempuan- single parent- membesarkan anak-anak dan mengurus keluarganya sendiri. Untuk buku yang ditulis di tahun 70-an, kisah Mrs. Frisby ini cukup progresif.

Saya sendiri menganggap buku ini seperti Animal Farm untuk level middle grade. Latihan yang baik untuk anak-anak dalam mengenal fabel atau alegori. Tak heran buku ini sukses menggondol penghargaan Newbery Medal di tahun 1972.

Submitted for:

banner 13 days cl-ya

Kategori Genre 101: Children

Kategori Genre 101: Children