Tags

, , , , , , , , ,

house clockJudul: The House With a Clock in Its Walls

Penulis: John Bellairs

Penerbit: Puffin Books (2004), first published in 1973

Halaman: 179p

Beli di: Better World Book (USD 4.78- bargain book!)

Lewis Barnavelt sangat kesepian ketika kedua orangtuanya meninggal dalam kecelakaan mobil. Untunglah, Uncle Jonathan bersedia menampungnya di rumahnya di kota New Zebedee.

Selama ini Lewis belum pernah bertemu dengan pamannya itu, dan hanya mendengar cerita-cerita “aneh” tentangnya. Untunglah, ternyata Uncle Jonathan sangat menyenangkan- dan tinggal di sebuah rumah yang menarik. Namun, Lewis tidak menyangka kalau pamannya menyimpan rahasia yang lebih seru lagi- ternyata Uncle Jonathan, serta tetangga sekaligus sahabatnya Mrs. Zimmermann, adalah penyihir!

Dan yang lebih hebat lagi, mereka memiliki musuh abadi, Mr dan Mrs Izard yang super kejam. Meski Mr Izard sudah meninggal, sepertinya ia meninggalkan “warisan” mengerikan di rumah Uncle Jonathan: sebuah jam di dalam dinding yang bisa mengakibatkan kehancuran manusia. Sekarang tinggal terserah pada Uncle Jonathan (dan Lewis tentunya), bagaimana cara menemukan dan menghancurkan jam tersebut.

Buku ini merupakan salah satu buku klasik dari John Bellairs, yang spesialisasinya memang buku misteri anak-anak. Menggabungkan unsur magic, misteri, petualangan dan sedikit unsur horor, Bellairs berhasil menciptakan kisah-kisah gothic untuk konsumsi anak-anak- yang menjadi klasik pada waktunya.

Jangan membayangkan cerita yang sensasional seperti Harry Potter, karena kisah ini ditulis jauuuh sebelum munculnya serial anak yang serba fenomenal di masa kini. Namun dalam kesederhanaan idenya, masih terdapat unsur-unsur kejutan yang nantinya akan dipakai juga oleh para penulis modern.

Lewis sendiri merupakan tipikal hero yang tidak terlihat seperti hero: nerdy, pendiam dan sering dibully. Tapi petualangannya membuat ia terpaksa mengerahkan seluruh kecerdasannya- satu hal yang juga membuat buku ini bisa relate dengan pembaca.

John Bellairs meninggal tahun 1991, dan mewariskan kisah-kisah gothic untuk anak-anak jauh sebelum serial Goosebumps muncul. Beberapa serialnya yang terkenal adalah Johnny Dixon Mysteries, Lewis Barnavelt Mysteries dan Anthony Monday Mysteries.

Oiya, postingan ini masih dibuat dalam rangka 13 Days Reading Children & Young Adult Literatures🙂

banner 13 days cl-ya