Tags

, , , , , , , ,

castle in atticJudul: The Castle in the Attic

Penulis: Elizabeth Winthrop

Penerbit: Bantam Doubleday Dell Books for Young Readers (1994)

Halaman: 179p

Beli di: Better World Books (USD 5.48)

William sangat gembira ketika menerima hadiah paling keren dari pengasuhnya, Mrs. Phillips: sebuah model kastil, lengkap dengan jembatan, ruangan-ruangan beserta perabotnya, bahkan sesosok ksatria yang bertugas menjaga pintu gerbang. William semakin senang ketika memperoleh kejutan tambahan: sang ksatria, yang bernama Sir Simon, ternyata tiba-tiba menjadi hidup!

Sir Simon bercerita pada William tentang kutukan yang menimpanya, sehingga membuatnya tersingkir sendirian di dalam kastil mainan William. Menurut Sir Simon, terdapat tragedi di kerajaan tempat tinggalnya yang melibatkan penyihir jahat serta kutukan terhadap rakyat. William bertekad ingin membantu Sir William melepaskan kutukan tersebut- dan petualangannya pun dimulai!

William harus membuktikan – terutama pada Mrs. Phillips yang akan meninggalkannya untuk pensiun dan pulang ke kampung halamannya di Inggris- bahwa ia bukanlah anak kecil penakut, melainkan ksatria muda yang pemberani.

The Castle in the Attic adalah buku pertama dari serial Castle karangan Elizabeth Winthrop. Buku ini memiliki elemen yang sempurna untuk anak-anak (terutama laki-laki): kisah petualangan, magic, mainan kastil yang ternyata bukan sekadar mainan.

Kisahnya juga menyinggung tentang peralihan seorang anak yang semakin tumbuh dewasa, di mana ia harus melepaskan kebiasaan masa kecilnya, bersikap lebih mandiri dan berani berjalan sendiri. Petualangan William membantu Sir Simon sebenarnya merupakan simbol dari beralihnya ia dari masa kanak-kanak.

Buku ini menurut saya, meski terlihat tipikal, lebih dari sekadar petualangan anak-anak biasa. Kisah perpisahan William dengan Miss Phillips merupakan salah satu elemen favorit saya di sini dan terasa sangat menyentuh. Meskipun demikian, unsur petualangannya sendiri masih lumayan berkesan, dan saya cukup merekomendasikan buku ini untuk dibaca bersama anak-anak usia 7 atau 8 tahun.

Buku kedua serial ini berjudul The Battle for The Castle, melanjutkan petualangan William di kerajaan Sir Simon.

Advertisements